Dinkes Gelar Koordinasi Germas Tingkat Kabupaten Banjar 2023

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar kegiatan koordinasi Gerakan Masyarakat (Germas) yang dilaksanakan Bidang Kesehatan Masyarakat, di hotel Treepark, Selasa (22/8/2023).

 

Adapun tujuan tersebut untuk mengevaluasi Kegiatan Germas serta merumuskan upaya penggerakan Germas (gerakan masyarakat sehat) tingkat Kab Banjar di tahun 2023, peserta diikuti dari SKPD yang terlibat dan termuat dalam SK serta para camat atau yang mewakili. Acara ini dibuka oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ikhwansyah, didampingi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kab Banjar Gt. M. Kholdani.

 

Germas adalah kegiatan Gerakan masyarakat sehat dalam rangka mempercepat dan mensinergiskan tindakan dalam upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktifitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit di Kabupaten Banjar, karena sebagaimana diketahui trend penyakit dan kesakitan masyarakat sekarang mengarah kepada penyakit tidak menular yang bisa juga dikatakan penyakit yang disebakan pola hidup tidak sehat, seperti  Stroke, Jantung, Diabetes mellitus (Kencing manis) Hipertensi (Darah Tinggi), Kanker dll.

 

Ikhwansyah mengatakan penggerakan masyarakat untuk hidup sehat dengan pembiasaan pola serta perilaku hidup sehat yang bukan hanya tanggung jawab sendiri dan masyarakat namun  merupakan tanggung jawab semua SKPD dan jaringannya sampai dengan unit terkecil dengan batasan dan pemberdayaan dengan program masing-masing.

 

Dalam paparannya Dedi Nurmadi selaku narasumber dari Bappedalitbang mengemukakan bahwa tantangan germas saat ini adalah masih kurangnya koordinasi antar SKPD dan masih banyak kegiatan yang sebenarnya bersinggungan dengan germas tapi tidak terintegrasi, untuk ke depan akan dilaksanakan koordinasi secara berkala dan tearatur sebagai upaya sebagai langkah awal untuk memaksimalkan kegiatan germas terintegrasi.

 

Dalam Penggerakannya Germas terdiri dari beberapa cluster yang dapat dilaksanakan yaitu :

 

1.      Cluster Aktivitas Fisik

2.      Peningkatan Perilaku Hidup Sehat

3.      Penyediaan Pangan Sehat dan Percepatan Perbaikan Gizi

4.      Peningkatan Pencegahan dan deteksi dini penyakit

5.      Peningkatan Kualitas Lingkungan

6.      Peningkatan Kualitas hidup sehat

(IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar