Ratusan Remaja Putri MA Al Hidayah Dapatkan Tablet Tambah Darah

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui Bidang Kesehatan Masyarakat melaksanakan kegiatan Kampanye Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Pada Remaja Putri Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2023, di Mushola MA dan MTs Al Hidayah Martapura Barat, Rabu (24/5/2023).

Kegiatan bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi Anemia pada remaja Putri. Pemberian TTD dengan dosis yang tepat dapat mencegah anemia dan meningkatkan cadangan zat besi di dalam tubuh. 

Pemberian TTD dilakukan pada remaja putri mulai dari usia 10 - 18 tahun di institusi Pendidikan SMP dan  SMA atau yang sederajat. Dosis pencegahan dengan memberikan satu tablet tambah darah setiap  minggu selama 52 minggu. Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari Dinkes Banjar

Pada kegiatan ini remaja putri yang menjadi peserta kampanye adalah kelas VII dan VIII MTs Hidayah dan kelas X dan XI MA Al Hidayah  berjumlah 122 orang. 

Kepala Dinkes Banjar drg. Yasna Khairina mengatakan kegiatan ini dilaksanakan di Puskesmas dan sekolah bekerja sama dalam pendistribusian tablet tambah darah.

"Hari ini kita memberikan TTD kepada anak anak kita agar mereka tercegah dari anemia," ujar Yasna.

Selain itu Yasna menjelaskan Dinkes Banjar juga akan memonitoring remaja putri untuk mengkonsumsi tablet tambah darah ini.

"Remaja putri juga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging berwarna merah, tahu, tempe dan sayuran berwarna hijau untuk meningkatkan Hb serta hindari makan yang menghambat zak besi seperti teh dan kopi," pungkas Yasna. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar