Dinkes Banjar Sosialisasikan Tuberkulosis di Puskesmas Sambung Makmur

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar sosialisasi Tuberkulosis (TB) tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2023 di UPTD Puskesmas Sambung Makmur, Kamis (22/6/2023).

Kegiatan diikuti Anggota Polsek Sambung Makmur, anggota Koramil Sambung Makmur, Pembakal se-kecamatan Sambung Makmur, Kader Kesehatan, Bidan Desa dan staf UPTD. Puskesmas Sambung Makmur.

Kapus Sambung Makmur M. Rusydi Anshari mengatakan dengan adanya sosialisasi ini semua sector di Kecamatan Sambung Makmur dapat bekerja sama dalam pencapaian SPM Bidang Kesehatan terutama Pengobatan TB.

Kabid P2P Dinkes Banjar Seger Ariadi menyambut baik acara sosialisasi ini karena dalam penemuan dan pengobatan kasus TB diperlukan keterlibatan semua pihak.

Seger menekankan pentingnya peran serta Masyarakat dan Lintas sektor dalam penemuan kasus serta pengobatan TB sampai tuntas agar tidak terjadi resistensi obat akibat tidak teratur dalam meminum obat TB yang akan mengakibatkan penularan baru yang lebih berbahaya.

"Angka penemuan kasus kita banyak tapi angka kesembuhannya masih rendah sehingga diperlukan peran serta keluarga, masyarakat serta aparat dalam penemuan serta pengobatan pasien TB," terangnya.

Wasor TB Dinkes Kabupaten Banjar Syahdan mengatakan TB paru merupakan penyakit yang disebabkan oleh Bakteri bukanlah penyakit kutukan atau guna-guna sehingga perlu pengobatan yang obatnya sudah tersedia di semua fasilitas kesehatan.

"Setelah semua pihak mampu mengetahui tentang gambaran umum TB maka dapat  segera mengambil tindakan yang diperlukan apabila menemukan orang gejala TB," tuturnya.

Ditambahkannya, dengan kesadaran semua pihak tentang bahaya TB akan dapat ditemukan lebih banyak penderita TB maka semua orang dengan TB dapat diobati sampai  tuntas dan tidak terjadi resistensi obat sebagaimana program pemerintah TOSS TB (Temukan TB Obati Sampai Sembuh) dapat terlaksana sehingga eliminasi TB tahun 2030 dapat terealisasi. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar