Dinkes Bekali Kader Kesehatan Desa SKDR Puskesmas se-Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar pertemuan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) kader kesehatan desa se-Kabupaten Banjar, di Aula Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar, Kamis (6/7/2023).

Kegiatan ini diikuti 100 peserta dari seluruh Puskesmas di Kabupaten Banjar, yang dibagi menjadi tiga angkatan dalam pelaksanaan pertemuan.

Kepala Dinkes Banjar drg. Yasna Khairina mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan kepada kader kesehatan desa/kelurahan untuk mendeteksi penyakit yang ada di masyarakat dalam rangka melakukan kewaspadaan dini terhadap hal-hal yang berpotensi menimbulkan wabah/KLB.

"Kader Kesehatan desa/ kelurahan dapat bersinergi dengan Pengelola program Puskesmas dalam SKDR sehingga dapat mencegah terjadinya wabah/KLB penyakit menular di Kabupaten Banjar," harap Yasna didampingi Sekretaris H. Gusti. M. Kholdani.

Adapun Angkatan I sebanyak 40 orang berasal dari 9 Puskesmas. Angkatan II sebanyak 32  orang berasal dari 8 Puskesmas. Angkatan III sebanyak 28  orang berasal dari 8 Puskesmas. 

Kegiatan ini sudah berlangsung selama tiga hari dari 4 - 6 Juli 2023, dengan Narasumber berasal dari Dinkes Banjar Kabid P2P, Epidemiolog Madya, PIC SKDR Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar