Dispersip Banjar Apresiasi Pemustaka Peminjaman Buku Terbanyak

Martapura, InfoPublik - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar menggelar acara penyerahan hadiah kepada pemustaka berprestasi dengan peminjaman buku terbanyak. Acara ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada mereka yang telah aktif menggunakan layanan perpustakaan dan mendorong minat baca di masyarakat, Jum'at (13/10/2023)

Kepala Dispersip Banjar, dr. Tofik Norman Hidayat menyampaikan bahwa  pengembangan literasi dan peningkatan kegiatan membaca di masyarakat terutama di wilayah Kabupaten Banjar sangatlah penting. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar turut berupaya mendorong inisiatif-inisiatif yang bertujuan untuk memperluas akses terhadap bahan bacaan berkualitas di Kabupaten Banjar.

"Pemustaka yang menerima penghargaan kali ini telah menunjukkan dedikasi dan semangat tinggi dalam memanfaatkan layanan perpustakaan, baik itu berupa layanan perpustakaan umum maupun layanan digital iMartapura. Mereka tidak hanya meminjam buku, tetapi juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan literasi yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar," ungkap Tofik.

Tofik juga berharap bahwa acara seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Kabupaten Banjar untuk lebih aktif dalam membaca. Beliau juga menekankan pentingnya peran perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan sumber inspirasi bagi masyarakat. 

Kabid Perpustakaan, Lily Agustriana, menyampaikan bahwa penerima penghargaan untuk kategori peminjam terbanyak Layanan Perpustakaan Digital iMartapura tahun ini adalah Wirdasari dengan jumlah peminjaman sebanyak 449 eksemplar dan Elfairuz Azizah sebanyak 94 eksemplar. Untuk Peminjam terbanyak koleksi perpustakaan adalah Ahmad Maulani dengan jumlah 54 Eksemplar dan M. Fajriannoor sebanyak 52 Eksemplar.

Elfairuz Azizah, salah satu penerima penghargaan, menyatakan rasa syukurnya atas apresiasi yang diberikan. 

"Melalui iMartapura, anak saya yang memiliki hobi membaca sangat senang karena bisa membaca buku di mana saja, tanpa harus ke perpustakaan, saya sangat terhormat bisa mendapatkan penghargaan ini. Saya percaya bahwa membaca adalah kunci untuk memperluas pengetahuan dan memperkaya imajinasi. Terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar atas upaya mereka dalam memajukan literasi di wilayah ini," ujarnya.

Sementara, penerima penghargaan lainnya, Ahmad Maulani menuturkan bahwa koleksi di Perpustakaan Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar cukup lengkap, berbagai macam kategori buku pun tersedia, petugasnya sangat ramah dan ruang baca sangat nyaman untuk pemustaka, baik itu sekadar membaca buku, mengerjakan tugas atau refreshing. (IP. Kab. Banjar/Brigade/zulfi)


Komentar