Disdik Banjar Peringati Hardiknas 2023

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar memperingati Momentum bersejarah yaitu Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 dengan mengusung tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, di Halaman Kantor Bupati Banjar, Selasa (2/5/2023).

 

Hardiknas merupakan hari yang ditetapkan pemerintah untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara, tokoh penting bagi kemajuan pendidikan Indonesia sejak masa penjajahan. Tanggal 2 Mei sendiri merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional. 

 

Sekretaris Daerah HM Himan bertindak sebagai Inspektur upacara menyampaikan sambutan tertulis dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi RI Nadiem Anwar makarim, Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

 

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntut bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. para guru sekarang berlomba-lomba dan berkarya dengan hadirnya paltform merdeka mengajar,”jelas Hilman

 

Ditambahkannya, selain itu guru guru dulu yang diikat berbagai peraturan kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka. 

 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny menyampaikan, merasa bangga dan bahagia dengan hasil capaian para guru di Kabupaten Banjar yang telah memberikan kontribusi pada dunia pendidikan dengan berbagai prestasi yang disumbangkan. Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 dengan mengusung tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar tidak hanya diperingati oleh Dinas Pendidikan atau pun Pemerintah Daerah saja namun semua satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Banjar melaksanakan Upacara Hardiknas secara mandiri di sekolah masing masing.  

 

Diakhir Upacara dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada sekolah dan guru berprestasi yang diserahkan Sekda Banjar. Sekolah Penggerak angkatan 3 yakni SMPN 1 Martapura, SMPN 3 Martapura, SDN Tungkaran dan TK Assalam Kecamatan Martapura. Guru penggerak angkatan 6 yakni, Abdurrahman dari SDN paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk dan piagam penghargaan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka berbagi tahun ajaran 2023/2024 kepada SDN Sungai Lulut 2 Sungai Tabuk. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar