Diklat Pembagi Kabar Pembelajar Berbasis Digital, Pendidikan Karakter dan PKG Guru

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar menggelar pendidikan dan pelatihan pembagi kabar pembelajaran Berbasis Digital, Pendidikan Karakter dan PK Guru 360 jenjang SMP Kabupaten Banjar Tahun 2022 dari tanggal 28-30 September 2022 di Aula KH. Kasyful Anwar Disdik Kabupaten Banjar. 


Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah melalui Kabupaten Banjar yang berwenang meningkatkan mutu Pendidikan di jenjang PAUD, SD, SMP, dan PKBM di Kabupaten Banjar, juga berupaya untuk mendukung Gerakan Merdeka Belajar. Kegiatan ini diikuti sebanyak 150 Kepala Satuan Pendidikan menengah pertama Negeri dan Swasta 


Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Hj, Nane Andriadne Mengatakan, Penilaian Kinerja Guru atau PKG 360 mulai tahun ini sudah diterapkan untuk menilai Kinerja pendidik di Kabupaten Banjar.


PKG 360 ini sudah disosialisasikan dan diberlakukan di beberapa daerah lain sejak tahun 2018, namun kita baru mewajibkan sekarang untuk ini. Kepala Satuan Pendidikan dan guru-guru yang memenuhi syarat menjadi asessor PKG, perlu mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan tugasnya,ā€¯jelasnya.


Dia menambahkan saat ini kebijakan dalam bidang Pendidikan yang dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. telah mencapai 21 episode. Semuanya dikemas dalam bentuk kebijakan yang kemudian menjadi Gerakan Merdeka Belajar.


Mengacu kepada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kebijakkan dari Kemendikbudristek tentang pemberlakuan Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar dan DPA Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar tahun Anggaran 2022 yang bertujuan untuk memberikan pencerahan dan wawasan tentang pendidikan karakter.


Meningkatkan pemanfaatan Akun Belajar.id untuk manajemen sekolah agar lebih paham dalam menelaah Raport Pendidikan sekolah masing masing diharapkan pula sekolah sudah menggunakan aplikasi Penilaian kinerja Guru 360. (IP Kab Banjar/Brigade Disdik)





Komentar