Paman Birin Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Bergerak di Kecamatan Gambut

Gambut, InfoPublik - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor meninjau pelaksanaan Vaksinasi Bergerak yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Gambut, Rabu (13/4/2022).


Dikatakan Paman Birin sapaan Akrab Gubernur Kalsel ini, kita patut bersyukur kepada Allah SWT masih bisa bernapas, dalam suasana covid-19 yang mulai melandai berkat usaha bersama kita. Tetapi tetap sangat menekankan vaksin dan pelaksanaan prokes covid-19.


Diakuinya kegiatan di Kecamatan Gambut pada hari ini adalah bagian pencapaian target 70 % kedua pada akhir bulan April ini. Untuk mencapai itu minimal 3 ribu per hari.


"Sasaran vaksin semua lapisan masyarakat yang masuk kategori boleh bervaksin mulai anak-anak sampai lansia,"ucap Paman Birin.


Camat Gambut Ahmad Fauzan, menyampaikan sesuai arahan dari Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, mengimbau kepada masyarakat yang belum bervaksin supaya dapat mengikuti Vaksinasi ini, selain mendapatkan sembako gratis tentunya tujuan utama dari vaksinasi ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan kekebalan masyarakat terhadap Covid-19.


Dijelaskannya dengan aktivitas yang normal tentunya akan diikuti dengan semakin menggeliatnya roda ekonomi masyarakat dan diharapkan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.


Fauzan mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi ini juga bisa dimanfaatkan secara maksimal bagi  masyarakat yang akan melaksanakan mudik ke kampung halaman dengan menggunakan pesawat maupun kapal laut, karena bagi yg sudah vaksin ketiga atau booster tidak perlu lagi mengikuti PCR ataupun rapid antigen.


"Kemudian terkait boleh tidaknya bervaksin saat berpuasa telah dikuatkan dengan Fatwa MUI no. 13 tahun 2021 tentang hukum vaksinasi covid-19 saat berpuasa. Adanya Fatwa ini tentunya menjadi pegangan masyarakat dan tidak perlu lagi ada  kekhawatiran untuk mengikuti vaksin,"tambah Fauzan.


Adapun vaksin yang tersedia vaksin 1, vaksin 2 dan booster, dengan varian sinovac, Pfizer dan astrazeneca, ketentuan vaksin 6 tahun keatas, dalam keadaan sehat, membawa KTP/KK dan menjaga prokes. Bagi peserta vaksin ke 2 telah memenuhi 8 - 12 minggu dan membawa kartu vaksin dosis satu.


Dalam kegiatan ini hadir Sekda Banjar HM Hilman, dari UPT Puskesmas sebagai tenaga pelaksana kegiatan Vaksinasi, Polsek Gambut serta Danramil 1006-08 Gambut, TP. PKK Kecamatan Gambut. (IP Kab. Banjar/Brigade Gambut/Hairudin)


Komentar