Dinkes Gelar Deteksi PTM Pemeriksaan IVA dan SADANIS di Kejari Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular, Pemeriksaan  IVA dan SADANIS di Kejaksaan Negeri kabupaten Banjar, Jumat (14/7/2023).

Kepala Seksi P2PTM dan Keswa, Candra Galuh mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam bentuk Posbindu Khusus dimana semua peserta dilakukan skrining Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular  yaitu pemeriksaan antropometri, tekanan darah dan  ditambah dengan pemeriksaan gula darah serta pemeriksaan IVA dan SADANIS.

Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena penyakit tidak menular (Hipertensi dan Diabetes Melitus ), penyakit kanker serviks dan kanker payudara atau memiliki faktor risiko sehingga dengan diketahuinya faktor risiko secara dini maka pencegahan dan pengendalian penyakit tersebut dapat dilakukan.

 Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat  menjadi upaya promosi kesehatan dan edukasi bagi masyarakat untuk pencegahan dan pengendalian secara dini penyakit tidak menular khususnya Hipertensi, kanker serviks, kanker payudara dan penyakit  tidak menular lainnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar Muhammad Bardan dan seluruh karyawan/karyawati Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar sebagai peserta kegiatan. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar