Kuatkan Kolaborasi, Kecamatan Mataraman Komitmen Turunkan Angka Stunting

Mataraman, InfoPublik - Pemerintah Kecamatan Mataraman melaksanakan Rembuk Stunting tingkat kecamatan, Rabu (24/4/2024).

Camat Mataraman Heryanto, menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Kegiatan Pra Rembuk Stunting pada tanggal 19 April 2024 lalu,  dengan adanya kegiatan rembuk Stunting ini agar kita bisa berupaya mengetahui langkah-langkah untuk pencegahan atau penanganan penurunan stunting di Kecamatan Mataraman.

"Dengan berdiskusi kita bisa melaksanakannya dengan lebih maksimal agar bisa berada di zona hijau untuk tahun 2024, diperlukan kolaborasi baik internal maupun eksternal," ujarnya.

Narasumber dari Bappedalitbang Kabupaten Banjar Fara Hayani menyampaikan berdasarkan pengukuran persentase balita yang ditimbang dan diukur akhir bulan Maret 2024 menunjukkan perkembangan yang cukup baik dimana dari 25 Puskesmas terdapat 3 Puskesmas diatas 80% dan 7 Puskesmas diatas 70%, untuk Kecamatan Mataraman sebanyak 66,41 %. 

"Perlu adanya analisis situasi dalam penanganan penurunan stunting yang dilakukan dengan mengenali permasalahan dalam integrasi intervensi gizi spesifik dan sensitive kelompok dan sasaran, dengan adanya analisis bisa dijadikan perumusan rekomendasi yang akan dilakukan untuk meningkatkan integrasi intervensi gizi spesifik dan sensitive kelompok dan sasaran," jelasnya.

Narasumber dari Dinas Kesehatan Titik H menyampaikan Rekapitulasi data status gizi per desa di Kecamatan Mataraman pada tanggal 4 April 2024 dengan sasaran balita yaitu Rembuk stunting dilakukan melalui diskusi terarah untuk mendapatkan komitmen dan menyepakati kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memastikan konvergensi baik yang akan dilakukan pada tahun berjalan maupun untuk dimasukkan dalam RKP tahun berikutnya.


Komentar