Distan Banjar Gelar Bimtek Penyembelihan Hewan Kurban

Martapura, InfoPublik - Menjelang hari raya Iduladha 1444 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan persiapan dan sosialisasi terkait penyelenggaraan tata cara penyembelihan hewan kurban telah digalakkan.

 

Melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar Bindang Keswan dan Kesmavet melaksanakan bimtek bagi jasa penyembelihan hewan kurban terkait Standar Operasi Prosedur (SOP) penyembelihan hewan yang halal sesuai dengan ketentuan syariat Islam dan jaminan keamanan dan kelayakan daging kurban, di aula Distan Banjar, Selasa (13/6/2023).

 

Kabid Keswan dan Kesmavet Lulu Vilavardi mengatakan kegiatan ini sebagai perhataan kesejahteraan hewan sebelum dipotong, bagaimana memberlakukannya mulai dari pengangkutannya sampai menurunkannya dan perlakuan saat pemotongan.

 

“Secara teknis perlakuan kesejahteraan hewan atau tingkat stress hewan sebelum dipotong dapat mempengaruhi kualiatas daging, diantaranya Dark Firm Dry (DFD) yaitu daging berwana gelap dan kering. Pale Soft and Exudative (PSE) yaitu daging berwarna pucat, lembek dan basah,” terang Lulu.

 

Sementara itu selaku narasumber KH. Abdussamad Sulaiman menjelaskan tentang sisi syar’i penyembelihan hewan.

 

“Rukun menyembelih di antaranya penyembelih bergama Islam, binatang yang disembelih binatang yang halal baik halal zatnya maupun memperolehnya, alat penyembelih harus tajam,” ungkap dia.

(IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar