Disdik Banjar Gelar Sosialisasi ANBK Jenjang Sekolah Dasar

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melaksanakan sosialisasi penguatan persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis komputer (ANBK) jenjang Sekolah Dasar, di Aula KH. Kasyful Anwar Disdik Banjar, Martapura, Senin (11/9/2023).

Kegiatan ANBK ini berlangsung dari yang tanggal 11-17 September 2023, dengan jumlah sasaran sebanyak 373 Satuan Pendidikan, terdiri dari 7 gelombang dengan sasaran sebanyak 1.642 orang.

ANBK 2023 adalah program berbasis online atau semi online yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi RI untuk tingkat SD, SMP dan SMA sebagai upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar maupun menengah.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Shalahuddinn Yusuf menyampaikan bahwa Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM literasi, numerasi), survey karakter dan survey lingkungan belajar sasaran peserta yang mengikuti penguatan terdiri dari proktor, tim teknis, pengawas ruang ANBK dan Kepala Sekolah serta pengawas pembina dengan jumlah sasaran sebanyak 373 Satuan Pendidikan, terdiri dari 7 gelombang dengan sasaran sebanyak 1.642 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny menyampaikan, bahwa para proktor harus lebih baik lagi, dengan capaian pelaksanaan dengan target 100%.

"Dengan harapan tahun 2023 ada kenaikan presentasi pada kompetensi literasi dan kemampuan numerasi. Kita belajar pada jenjang SMP yang kenaikannya sangat signifikan berada diposisi nomor satu dan dua se-Kalimantan Selatan," ucap Liana.

Selebihnya Liana menginginkan jenjang SD akan mampu untuk kenaikan pada kemampuan literasi dan numerasi, karena banyak guru-guru hebat di Kabupaten Banjar.

Kasi Kurikulum dan Penilaian H. Suriansyah mengatakan mari kita kawal bersama-sama agar ANBK SD ini dapat memberikan hasil terbaik, terutama sebagai sumber data menjadi Rapor Satuan Pendidikan dan Rapor Daerah. 

Kegiatan ini diikuti Sekolah Dasar Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Banjar pada persiapan ANBK akan dilaksanakan tahap uji coba/simulasi ANBK terlebih dahulu yang akan dilaksanakan dalam semi online dan blankspot. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar