Bappedalitbang Laksanakan Orientasi RPJPD



Martapura, InfoPublik - Dalam rangka mendapatkan masukan terhadap penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD), di Aula Baiman Bappedalitbang, Selasa (29/8/2023).

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dari 28-29 Agustus 2023. Dibuka langsung oleh Sekda Banjar Mokhamad Hilman serta didampingi Kepala Bappedalitbang Siti Hamidah. 

Berapa hal yang menjadi pembahasan dalam agenda rapat tersebut diantaranya lini masa penyusunan dokumen RPJPD dan RPJMD yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah pada tahun 2023 akan menyusun RPJPD Tahun 2025-2045. Musrenbang RPJPD dilaksanakan paling lambat 1 tahun sebelum berakhirnya periode RPJPD yang sedang berjalan (UU 25/2004 pasal 11 ayat (3).  

Sekda Banjar menjelaskan bahwa pada dokumen RPJPD yang sudah disusun dapat menjadi pedoman calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada serentak pada tahun 2024 serta penyusunan RPJMD teknokratik 2025-2030. 

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan diskusi terfokus bersama SKPD se Kabupaten Banjar.  

Hamidah meminta SKPD berperan aktif untuk menyampaikan permasalahan dan isu strategis serta data yang diperlukan oleh tim ahli, hal itu dikarenakan data dan ketajaman analisis merupakan kunci utama tajamnya perumusan visi misi daerah dan sasaran pokok Kabupaten Banjar untuk keperluan perencanaan 20 tahun mendatang. 

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Asisten, Staf ahli, direktur, kepala badan, kepala dinas, camat se-Kabupaten Banjar. 

ā€œDiharapkan orientasi penyusunan ini dapat berjalan dengan lancar dan adanya kesepahaman antar pemangku kepentingan dan SKPD, dan SKPD diharapkan dapat berperan aktif dalam kegiatan ini," ungkap Sekda Banjar. (Bappedalitbang)


Komentar