Bappedalitbang Banjar Sosialisasikan Jabatan Fungsional Perencana

Martapura, InfoPublik – Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Perhitungan Fungsional Perencana di Aula Baiman Bappedalitbang, Martapura, Selasa (12/12/2023) pagi. 

Acara ini dipimpin oleh Sekretaris Bappedalitbang Hanafi didampingi Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Mujahid serta Kasubbid Perencanaan Daerah Fariha Riska Yumita.

Hanafi mengungkapkan bahwa tujuan dari acara sosialisasi ini adalah untuk menjadi acuan pengangkatan jabatan fungsional agar instansi pembina dapat melakukan pembinaan penghitungan kebutuhan jabatan fungsional yang menjadi binaannya. 

"Selain itu instansi pengguna mempermudah dalam melakukan penghitungan kebutuhan jabatan fungsional dengan cepat dan akurat," ujar Hanafi.

Hanafi berharap melalui sosialisasi ini para instansi pembina tidak lagi kebingungan dalam melakukan penghitungan jabatan fungsional perencana. Sehingga Ketika adanya permintaan data jumlah jabatan fungsional yang dibutuhkan, para instansi pembina sudah siap untuk menyerahkan data tersebut.

Sementara itu, Fariha Riska menambahkan terkait siklus kebijakan perencanaan pembangunan yang dimulai dari identifikasi masalah/isu strategis, kemudian dilakukan penyusunan kebijakan rencana pembangunan, setelah itu mengadopsi dan legitimasi rencana pembangunan, lalu dilakukannya pelaksanaan rencana pembangunan, setelah itu diakhiri dengan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

Pada kegiatan ini juga selaku Narasumber dari Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar Subbag Kelembagaan dan Analisis Jabatan Nurul Inayati menyampaikan bahwa perhitungan kebutuhan jabatan fungsional perencana terdapat dalam surat Menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor B/947/M.SM.01.00/2023. (IP Kab. Banjar/Brigade Bappedalitbang)


Komentar