Review Dokumen JAKSTRADA SPAM Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah menekankan sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan menjamin kebutuhan pokok air minum diperlukan review dokumen Kebijakan dan Strategi Penyelenggaraan SPAM.

Hal tersebut diutarakannya pada Rapat focus group discussion (FGD) review Dokumen Kebijakan Strategi Daerah Sistem Penyediaan Air Minum Kabupaten Banjar Tahun 2023 (JAKSTRADA  SPAM), di aula kantornya Martapura, Senin (22/5/2023).

Menurut Hamidah dokumen JAKSTRADA yang ada disusun pada tahun 2015 sudah kadaluarsa dan tidak relevan lagi dengan kondisi dan kebijakan saat ini maka diperlukan pembaharuan/penyesuaian kebijakan dengan isu dan permasalahan yang ada saat ini.

"Dengan adanya sistem penyediaan air minum yang layak dan berkualitas diharapkan dapat menunjang penurunan angka stunting di Kabupaten Banjar," ucap Hamidah.

Kepala Badan Bappedalitbang, Herlina Maulidah menyampaikan secara garis besar diperlukan resume dengan JAKSTRADA Provinsi agar berkesinambungan dengan kebijakan yang disusun di daerah terkait dokumen JAKSTRADA.

Kasubbid Infrastruktur Haris Haris menambahkan perlunya didalam dokumen ini nantinya pemetaan tantangan penyelenggaraan SPAM dan pemetaan potensi air baku serta perlu dituangkan kebijakan mengenai kolaborasi peraturan yang ada di Kabupaten juga tertuang ke peraturan desa  dari sektor  penyediaan air minum di Kabupaten Banjar.

Sementara dari perwakilan Dinas PUPR Kalsel mengharapkan ada sinkronisasi dokumen JAKSTRADA Kabupaten dan Provinsi.

Sedangkan dari perwakilan Dinas Kesehatan Banjar perlunya perhatian khusus terkait kualitas air minum dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar tertuang didalam dokumen JAKSTRADA nantinya supaya perilaku masyarakat di Kabupaten Banjar dapat berubah dari sektor kesehatan.

Hadir pada rapat tersebut Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar, PT. Air Minum Intan Banjar, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Fasilitator KOTAKU dan PAMSIMAS Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Bappedalitbang)


Komentar