Cegah Stunting Dimulai Sebelum Masuk ke Tahapan Berkeluarga

Martapura, InfoPublik - Pencegahan stunting diawali dari hulu dengan pemeriksaan calon pengantin yang nantinya akan berkeluarga.

Hal tersebut diutarakan Koordinator Wilayah KB Kecamatan Gambut Muhammad Rahman Fahroly saat memimpin apel di halaman kantor kecamatan Gambut, Senin (22/5/2023).

Fahroly mengungkapkan fungsi pemeriksaan adalah kita bisa melihat kemungkinan sejak dini sebelum mereka masuk tahapan kehidupan berkeluarga ada hal-hal tidak diinginkan. Misalnya penyakit menular, HIV Aids, kekurangan gizi, animea. Juga diharapkan bisa mencegah stunting sejak dini. Orang tua harus memperhatikan terutama sejak kehamilan sampai anak usia 2 tahun.

"Dimana anak usia 0 - 2 tahun merupakan periode emas untuk tumbuh kembang otak dan badan.Bila tidak diperhatikan tumbuh kembang maka inilah bisa gangguan stunting, lebih lanjut bila diperhatikan bisa juga mengganggu imun tubuh," terang dia.

Ditambahkannya, Kantor Koordinator Wilayah KB Kecamatan Gambut sudah melaksanakan upaya kerja sama kepada Kelurahan dan desa untuk kegiatan rembuk stunting. Juga kerja sama lintas sektor seperti dengan bidan desa, puskesmas.

Hadir Camat Gambut Ahmad Fauzan, Sekretaris Camat Gambut H. Zakaria, para Kasubbag, Kasi dan Karyawan-Karyawati Kecamatan, Kelurahan, UPT. Damkar, Tagana, TKSK, Pendamping PKH, PD dan PLD Kecamatan Gambut. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin)


Komentar