Warga Manarap Lama Antusias Mengurus Dokumen di Jempol Pelanduk

Martapura, InfoPublik - Warga sangat antusias mengurus Administrasi kependudukan (Adminduk) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Jemput bola pelayanan administrasi kependudukan (Jempol Pelanduk) digelar dari tanggal 10-11 Juli 2023 di Kelurahan Manarap Lama Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, Selasa (11/7/2023).

Pelaksanaan Jempol Pelanduk pada hari kedua ini, masyarakat silih berganti berdatangan yang terlihat lebih banyak dari hari pertama mengurus dokumen maupun sekedar konsultasi ke layanan Jempol Pelanduk.

Koordinator Pelayanan, Harmawati menuturkan bahwa Jempol Pelanduk dilaksanakan  bertujuan untuk mempermudah warga dalam mengurus dokumen kependudukan, sehingga pengurusan dokumen dilakukan langsung di desa. 

"harapan kami, masyarakat bisa memanfaatkan kedatangan tim Jempol pelanduk ini, kalau datang ke kantor Disdukcapil lumayan memakan waktu dan biaya," Ujar Harma.

Lurah Kertak Hanyar, Irham Yamin menyampaikan apresiasi Kepada Disdukcapil, dengan adanya Jempol Pelanduk ini sangat memudahkan penduduk khususnya warga Kelurahan Manarap Lama untuk mendapatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan.

"Dengan adanya layanan Jempol Pelanduk ini, kami merasa terbantu sekali khususnya warga, kalau ke kantor disdukcapil cukup jauh untuk mengurus dokumen kependudukan," ucap Yamin. 

Ditambahkannya, semoga titik layanan Dukcapil Banjar bisa tambah lagi, tidak hanya di Kecamatan Gambut (UPTD Gambut dan Plaza pelayanan gambut), namun juga di Kecamatan lain seperti Kecamatan Kertak hanyar, Aluh-Aluh, Tatah Makmur dan Beruntung Baru, agar bisa membantu warga yang lokasinya jauh dalam mengurus dokumen kependudukan.

Untuk diketahui bahwa Disdukcapil Kab. Banjar saat ini mempunyai enam titik layanan publik antara lain, Kantor Disdukcapil Kab.Banjar, Mall Pelayanan Publik (MPP) Barokah Martapura, UPTD Yandukcapil Mataraman, Plaza Pelayanan Publik Simpang Empat, UPTD Yandukcapil Gambut dan Plaza Pelayanan Publik Kec.Gambut. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdukcapil)


Komentar