Tumbuhkan Wirausaha Baru, DKUMPP dan Disperin Kalsel Gelar Pelatihan Industri Kerajinan

MARTAPURA, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Kegiatan Penumbuhan Wirausaha Baru Industri Kerajinan di Kabupaten Banjar di Desa Bawahan Seberang, Kecamatan Mataraman.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan diwakili oleh Plt. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pemberdayaan Industri,  Firman Muttaqin didampingi oleh Kepala Seksi Pengelolaan Sistem Informasi Industri pada Dinas Koperasi, Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, Zairina Fitriani dan Kepala Desa Bawahan Seberang, Fahmi Fauzi.

Kegiatan penumbuhan wirausaha baru industri kerajinan berlangsung selama lima hari pada tanggal 7 s.d. 11 Oktober 2024 di Balai Desa Bawahan Seberang, dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Selama kegiatan ini nantinya para instruktur akan memberikan pengetahuan awal mengenai industri kerajinan serta keterampilan mengenai menghias bakul dengan kain perca, sulam pita bakul dengan inner dan tanpa inner, serta pouch kombinasi. Dimana pelatihan dilakukan secara individu dan juga berkelompok.

Fahmi Fauzi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar yang telah memberikan kesempatan kepada masyarakat di Kecamatan Mataraman, khususnya Desa Bawahan Seberang.

"untuk ikut serta dalam kegiatan penumbuhan wirausaha baru industri kerajinan. Diharapkan akan adanya wirausaha baru yang tumbuh dan berkembang setelah mengikuti kegiatan ini," ujarnya.

Firman Muttaqin menambahkan berdasarkan kondisi saat ini banyak potensi yang dapat digunakan untuk penumbuhan wirausaha baru. Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan wirausaha baru IKM sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan mendukung ekonomi nasional. Salah satunya melalui kegiatan Penumbuhan Wirausaha Baru Industri Kerajinan di Kabupaten Banjar. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan teknis dasar dalam membuat produk kerajinan dengan memanfaatkan bahan baku yang ada.

Firman juga menyampaikan bahwa pembinaan terhadap wirausaha baru perlu dilakukan agar para peserta nantinya dapat membuka usaha baru dengan keterampilan yang dimiliki dan menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah tinggi yang didukung ketersediaan bahan baku lokal serta kearifan budaya nasional.

Di tempat terpisah, Kepala DKUMPP Banjar, I Gusti Made Suryawati menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya penumbuhan wirausaha baru industri kerajinan di Kabupaten Banjar. 

"Ini merupakan bentuk dukungan bagi kemajuan IKM sehingga mampu mengembangkan skala usahanya dan meningkatkan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," terang Made.

Made berharap dengan adanya penumbuhan pelaku industri atau wirausaha baru (WUB) dapat memberikan dampak positif yang berantai pada roda perekonomian masyarakat dengan tujuan menumbuhkan industri yang sudah ada untuk dapat naik jenjang menjadi industri menengah atau industri besar. 

"Dengan sinergi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan stakeholder lainnya, diharapkan dapat tercipta ekosistem yang mendukung guna pertumbuhan dan keberlanjutan IKM, serta pemberdayaan ekonomi yang merata," pungkasnya. "Nursyfa/brigade/dkumpp2024)


Komentar