Tim Gabungan BPBD Banjar Tangani Karhutla di Tiga Lokasi Dalam Satu Hari

MARTAPURA, InfoPublik - Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar lakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tiga lokasi dalam satu hari.


Tiga lokasi karhutla yang terjadi Jumat (13/9/2024) dimaksud masing-masing di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat,
Jalan Irigasi Kandang Senja Bulan, Kecamatan Karang Intan dan Desa Keramat Baru Kecamatan Martapura Timur.

Dari ketiga peristiwa tersebut, penanganan karhutla oleh tim gabungan di Desa Penggalaman cukup berat, lantaran angin bertiup cukup kencang.

Meski mendapat kesulitan, penanganan yang dilakukan Jumat sore selama 1,5 jam oleh tim gabungan dibantu oleh masyarakat setempat berhasil memadamkan api. Yang tertangani oleh tim gabungan sekitar 1 hektare, sementara luasan lahan purun dan semak belukar yang terbakar sekitar 4 hektare.
Di Jalan Irigasi Kandang Senja Bulan Karang Intan, karhutla membakar semak belukar dan pepohonan dengan luasan sekitar 1 hektare.

Sementara pada malam harinya karhutla terjadi di Desa Keramat Baru Kecamatan Martapura Timur dekat makam Datu Bagul, dengan luasan lahan semak belukar yang terbakar 0,05 hektare.

“Titik api susah dijangkau karena berada di tengah-tengah lahan, kita jalan kaki dulu melalui tumbuhan bindrang baru pemadaman,” ucap Ujang personel BPBD.

Proses pemadaman menggunakan air dari sungai kecil, dan kepyok untuk titik api kecil yang sudah menyebar. 


Komentar