Bappedalitbang Fasilitasi Pengumpulan Data Wawancara Kepala Desa di Gambut

MARTAPURA, InfoPublik – Bappedalitbang Kabupaten Banjar kembali memfasilitasi kegiatan wawancara dengan kepala desa dari beberapa desa terpilih yang dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta Tim Kebijakan TNP2K. Kegiatan tersebut diwakili oleh Muhammad Vinka Lutfian dan Priambudi, dan berlangsung pada Kamis (12/9/2024) di aula Kecamatan Gambut.

Kasubbid Pembangunan Manusia Bappedalitbang Banjar, Syihabuddin, yang secara langsung turut mendampingi kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa wawancara ini sangat penting untuk memperkuat pelaksanaan Pendataan Keluarga (PK) 2024 dan identifikasi model pembangunan di pedesaan.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Gambut agar dapat lebih dekat dengan desa-desa yang menjadi sampel wawancara, sehingga pengumpulan data dapat dilakukan secara efektif,” ujar Syihabuddin.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor B-2487/SES/KPS.04.00/09/2024 tertanggal 5 September 2024, yang berisi permohonan kepada pemerintah daerah untuk melakukan pemantauan pelaksanaan Pendataan Keluarga (PK) 2024 dan identifikasi model pelaksanaan pembangunan pedesaan. Berdasarkan surat tersebut, Bappedalitbang Banjar bertugas memfasilitasi proses wawancara serta membantu pengumpulan data dari kepala desa yang terlibat.

“Acara ini menghadirkan Camat Gambut serta beberapa kepala desa terpilih, di antaranya Kepala Desa Makmur, Kepala Desa Tambang Sirang Darat, Kepala Desa Tambak Sirang Laut, Kepala Desa Malintang, Kepala Desa Malintang Baru, dan Kepala Desa Kayu Bawang. Kehadiran para kepala desa ini tidak dapat diwakilkan,” tegas Syihabuddin.

Menurut Syihabuddin alasannya karena data yang dibutuhkan sangat spesifik dan membutuhkan penjelasan langsung dari kepala desa terkait situasi dan kondisi di masing-masing desa.

Seperti kegiatan wawancara sebelumnya yang dilaksanakan untuk desa di Kecamatan Martapura, Muhammad Vinka Lutfian dan Priambudi kembali mewawancarai satu per satu kepala desa yang hadir. Wawancara ini berfokus pada pelaksanaan program Pendataan Keluarga 2024, pengumpulan data terkait demografi, kesejahteraan keluarga, serta tantangan pembangunan di desa masing-masing.

“Kami berharap wawancara ini dapat membantu pemerintah dalam mendapatkan data yang akurat dan komprehensif, sehingga pelaksanaan program pembangunan pedesaan bisa lebih tepat sasaran,” jelas Syihabuddin.

“Dengan data yang terkumpul, semoga kebijakan pembangunan dapat lebih efektif dan berkelanjutan, serta berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat desa," pungkasnya

Melalui kegiatan wawancara ini, diharapkan Pemerintah Kabupaten Banjar mampu meningkatkan kualitas data pembangunan pedesaan yang berbasis bukti, yang nantinya dapat digunakan untuk memperkuat perencanaan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.(Ione/Bappedalitbang)


Komentar