Mudahkan Pelaku Usaha, Trobosan Inovasi "Pesan Si Sari" Diapresiasi DHL Express

MARTAPURA, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) melaksanakan pengawasan sekaligus tera ulang dan kalibrasi timbangan elektronik di PT. Birotika Semesta (DHL Express) Kecamatan Gambut, Rabu (11/9/2024).

Kegiatan yang dipimpin langsung Kepala Dinas KUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati didampingin Kasi Pelayanan Tera dan Pengawasan Titin Hartati dan jajarannya lainnya, ini fokus pada seluruh timbangan elektronik yang digunakan untuk jasa pengiriman internasional.

I Gusti Made Suryawati dalam kesempatan ini menegaskan bahwa, selain alat ukur, takar, timbang yang digunakan di pasar tradisional dan di sektor migas, DKUMPP Banjar juga concern dalam standarisasi dan perlindungan konsumen alat ukur di jasa pengiriman.

“Maraknya perdagangan bebas dan transaksi melalui E-Commerce menuntut jasa ekspedisi untuk memperhatikan akurasi timbangan yang dimiliki agar tidak merugikan konsumen,” ujar Made.

Ditambahkan Made ada hal berbeda yang dirasakan pelaku usaha dibandingkan pelayanan sebelumnya. Pelaku usaha dapat langsung memperoleh Surat Keterangan Hasil Pengujian (SKHP) segera setelah pengujian selesai tanpa harus menunggu beberapa hari.

“Melalui terobosan “Pesan Si Sari” (Pelayanan dan pengawasan terintegrasi, Dokumen selesai satu hari). Inovasi ini adalah implementasi aksi Perubahan yang digagas oleh Kepala Seksi Pelayanan Tera, Tera Ulang dan Pengawasan DKUMPP Banjar,” ucap Made.

Made juga berharap dengan adanya ide inovasi ini dapat meningkatkan efisiensi kinerja dan performa layanan. Semoga dengan pelayanan dan pengawasan terintegrasi selesai satu hari, layanan tera dan pengawasan dapat melebihi ekspektasi masyarakat.

Menurut Made, kegiatan ini menjadi salah satu bentuk perhatian DKUMPP terhadap DHL Express sebagai satu- satunya perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman internasional di Kabupaten Banjar.

“Dengan Terobosan Pengintegrasian dan percepatan layanan di sektor kemetrologian, semoga membantu pelaku usaha dalam proses bisnis di Kabupaten Banjar,” harapnya.

Sementara M. Nisfarillah Manager PT Birotika Semesta cabang Banjarmasin yang juga mendampingi proses kalibrasi menyampaikan bahwa apresiasi terhadap DKUMPP Banjar atas kecepatan kinerja Tim Metrologi Legal.

“Baru selesai pengujian, dokumen SKHP sudah bisa kami terima. DKUMPP Banjar benar- benar luar biasa,” imbuhnya.


Komentar