Dongkrak Ketahanan Pangan, Petani Sungkai Panen Padi IR Nutrizinc

MARTAPURA, InfoPublik - Suasana syukur dan sukacita menyelimuti para petani dan tamu undangan yang hadir. Hasil panen yang melimpah menunjukkan keberhasilan program peningkatan produksi padi di Kabupaten Banjar. Varietas IR Nutrizinc, yang dikenal memiliki kandungan gizi tinggi dan tahan terhadap hama penyakit, terbukti memberikan hasil yang optimal di lahan pertanian Sungkai.

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar menggelar syukuran panen padi unggul varietas IR Nutrizinc di kelompok tani Sungkai Sejahtera Desa Sungkai Kecamatan Simpang Empat, Kamis (29/8/2024).

Kepala Dinas Pertanian Banjar, Warsita menyampaikan apresiasi kepada kelompok tani Sungkai Sejahtera atas kerja keras.

Warsita juga menjelaskan bahwa panen raya ini merupakan salah satu bukti nyata dari program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan. 

“Dengan terus mengembangkan inovasi dan teknologi pertanian, kita optimis dapat meningkatkan produktivitas padi dan kesejahteraan petani,” imbuhnya.

Selain Kepala Dinas Pertanian, acara ini juga dihadiri oleh Camat Simpang Empat, KJF, Koordinator BPP Simpang Empat, Kepala Desa Sungkai, Babinsa dan sejumlah pejabat terkait. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh terhadap sektor pertanian di Kabupaten Banjar.

Panen raya padi unggul di Sungkai bukan hanya sekedar perayaan atas keberhasilan saat ini, tetapi juga menjadi momentum untuk menatap masa depan yang lebih cerah. Dengan potensi lahan pertanian yang luas dan dukungan pemerintah yang kuat, Kabupaten Banjar diyakini akan semakin berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Inpari IR Nutri Zinc adalah varietas padi sawah (pertama di Indonesia) yang memiliki kandungan unsur Zn (Zinc) lebih tinggi (± 25%) daripada varietas yang lain. Dilepas pada tahun 2019 dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian No. 168/HK.540/C/01/2019.  Karena kandungan Zn yang tinggi,  Inpari IR Nutri Zinc berpotensi mencegah terjadinya stunting.

Stunting merupakan kondisi gangguan pertumbuhan pada anak sehingga memiliki ukuran tinggi badan lebih rendah (kerdil) dari standar usianya. Stunting dapat dicegah dengan mengkonsumsi pangan bergizi, di antaranya beras yang mengandung Zinc tinggi seperti Inpari IR Nutri Zinc. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar