Damkar Banjar Evakuasi King Cobra 1,5 Meter di RSUD Ratu Zalecha Martapura

MARTAPURA, InfoPublik - Petugas Dinas Damkar berhasil menangkap Ular King Cobra berukuran ± 1,5 meter di Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha, Minggu (25/8/2024). 


Bayu Samudra mengatakan saat itu sedang baru masuk piket memeriksa ruangan-ruangan pasien. Namun belum selesai pekerjaan saya, saat berjalan di lorong ada ular melintas sekitar jalur saluran air, kemudian terkejut dan berlari ke tempat aman, kemudian menelpon Petugas Dinas Damkar. 

"Saat saya sudah jauh posisi dari ular berada langsung saja melapor ke Petugas Dinas Damkar dan sambil memeriksa kemana ular itu menuju arah mana," tutur Bayu. 

Kabid Pemadaman, Penyelamatan dan Sapras, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Banjar M. Kasyaf R mengatakan, info masuk sekitar pukul 8.24 Wita. 

"Saat itu, infonya ada ular berukuran ± 1,5m berada di saluran air dekat lorong" ujar Kasyaf. 

Dikatakannya, Tim Damkar Banjar langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Berbekal alat dan kemampuan penyelamatan hewan.

"Kami berhasil menangkap ular tersebut, selesai penanganan pukul 9.14 wita," tutur dia.

Setelah ular berhasil diamankan dan nantinya dilepaskan liarkan jauh dari permukiman, tambahnya, petugas memberikan edukasi kepada warga di lokasi agar terhindar dari bahaya ular. (BRIGADE/DPKP/PELETON3/SAY17)


Komentar