Pemkab Banjar Raih Penghargaan INAGARA Award 2024

JAKARTA, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar raih penghargaan INAGARA Award dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI kategori Tahap Deliver Launching lde lnovasi.

Penghargaan tersebut diserahkan Plt Kepala LAN RI Muhammad Taufik dan diterima oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi, saat puncak peringatan HUT ke 67 LAN RI, di Aula Profesor Agus Dwiyanto, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024) pagi.

Penghargaan tertinggi dari LAN RI tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi dalam pengembangan inovasi daerah secara berkelanjutan.

Sejak tahun 2017 Pemkab Banjar telah melaksanakan kegiatan laboratorium inovasi melalui pendampingan yang diberikan oleh LAN kepada instansi/mitra untuk menghasilkan inovasi secara Co-Creation melalui 5 (lima) tahap yang dikenal sebagai 5 D +1 D, yaitu : Tahapan Drumpup, Diagnose, Design, Deliver, Display dan Documentation.


Sebelumnya, tahun 2017 Pemkab Banjar juga telah menerima anugerah INAGARA Award pada kategori Pemerintah Daerah Yang Berkomitmen Tinggi Terhadap Pengelolaan lnovasi Negara.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi bersyukur atas diraihnya penghargaan tersebut.

“Alhamdulilah Kabupaten Banjar kembali mendapat penghargaan dalam bidang inovasi INAGARA Award tahun ini,” ujarnya.

Habib Idrus juga berharap inovasi yang dalam tahapan launching and delivery bisa terus berlanjut ke tahapan display and documentation.


“Kita berharap juga pada tahun depan akan banyak lagi inovasi-inovasi yang dihasilkan baik oleh SKPD maupun masyarakat sehingga dapat membantu pelaksanaan pekerjaan agar bisa lebih efektif dan efisien” tutup Habib Idrus.

Plt Kepala LAN RI Muhammad Taufik mengatakan, sejak 4 tahun terakhir telah menghasilkan 12.236 ide inovasi dari 117 kabupaten/kota dan 404 ide inovasi yang sedang berjalan.

Inovasi-inovasi tersebut lanjut Taufik mampu mengatasi keterbatasan, berbagai ketimpangan yang ada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

“Menghadapi tantangan tersebut, tentunya kita tidak boleh berpuas diri, dengan adanya inovasi-inovasi tadi, dimana kita harus melakukan terobosan-terobosan,” pesannya.

Selain Pemkab Banjar, 4 (empat) pemerintah daerah lainnya juga meraih anugerah yang sama, antara lain : Pemkab Pemalang kategori Tahap Display lnovasi. Pemkab Lembata kategori Tahap Deliver Launching lde lnovasi.
Pemkab Donggala kategori Tahap Deliver Launching lde lnovasi serta Pemkab Sorong Kategori Laboratorium lnovasi Terintegrasi dengan Workshop Champion of lnnovation. (Media Center Banjar/Ronny/Man)


Komentar