DPRKPLH Gelar Program Martapura Asri di Desa Keramat

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar kembali menggelar Bersih Pemulihan Sub DAS Martapura Asri, di Desa Keramat, Jum'at (26/7/2024).

Kegiatan Martapura Bersih merupakan hasil dari Nota kesepahaman bersama, Memorendum Of Understanding (MOU) dari pihak DLH Provinsi Kalimantan Selatan bersama DPRKPLH Kabupaten Banjar yang dilaunching pada sWorld Cleanup Day (WCD) 2021.

Nur Aina Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Nur Aina mengatakan bahwa sudah ada banyak perkembangan yang dirasakan.



"apalagi sekarang banyak desa sudah membangun TPS dan Bank Sampah di wilayahnya masing- masing dengan harapan kebiasaan buruk membuang sampah di sungai sudah tidak ada lagi," ujar Aina 

Ditambahkannya bahwa Giat Bersih Martapura Asri ini merupakan implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banjar No. 6 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Banjar, Nomor 13 Tahun 2005 Tentang Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Pembakaran Dan Kebakaran Hutan dan Lahan.

"Inisiatif Pambakal Desa Keramat patut kita contoh yang memotivasi masyarakat desanya untuk turut ikut serta menjaga kebersihan lingkungan khususnya tidak membuang sampah pada Daerah Aliran Sungai dengan memberikan pengetahuan dampak buruknya serta memberikan DoorPrize pada saat selesai kegiatan," ucap Aina.



Kegiatan dihadiri Pambakal Desa Keramat Said, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Relawan Pemuda Keramat 6 orang, BPD Keramat, dari Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebanyak 15 orang, bersama masyarakat serta Staf 2 orang KSDAPLH.(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KL)


Komentar