Kecamatan Mataraman Meriahkan Pawai Ta'aruf dan Bazar di MTQ Sungai Tabuk

MARTAPURA, InfoPublik - Sebanyak 215 Kafilah Kecamatan Mataraman dipimpin Camat Mataraman Heryanto ikut meramaikan kegiatan Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XLVII tingkat Kabupaten Banjar di Kecamatan Sungai Tabuk, Rabu (24/7/2024).

Rombongan kafilah MTQ Mataraman berangkat dari Kantor Kecamatan pukul 07.00 wita dengan menggunakan 2 buah bus, 10 mobil, 1 ambulance dan 1 mobil pengawalan dari Polres Banjar.

Adapun jumlah kafilah sebanyak 215 itu terdiri dari Kafilah Putra 27 Orang, Kafilah Putri 22 Orang, Pelatih dan Official 8 Orang, Pendamping 158 Orang dengan Cabang Unggulan yaitu Tafsir Bahasa Inggris dan Khotil Qur’an.

Adapun pendamping kafilah terdiri dari seluruh kepala desa se Kecamatan Mataraman beserta perangkatnya serta seluruh Kepala Lintas Sektoral termasuk Kapolsek dan Danposranmil.

Tema Sasirangan Seragam Kafilah dengan motif Buah Ramania dan Tanduk Kijang, hal ini terinspirasi dari kisah rakyat dimana ada warga yang melihat seekor kijang berada dibawah pohon ramania dan mengeluarkan cahaya pada bola matanya, sehingga munculah sebutan “ MATARAMAN”. Sedangkan warna biru menggambarkan wawasan yang luas seperti luasnya hamparan langit dan lautan.

Dalam kegiatan Pawai Ta'Aruf MTQ Nasional ke XLVII tingkat Kabupaten Banjar, Kecamatan Mataraman Memberikan Cindera Mata produk unggulan kepada Bupati Banjar H Saidi Mansyur yaitu berupa Bhukur dan Sirup Bunga Telang.

Dalam hal pendanaan, tahun ini MTQ Mataraman mendapat dukungan dari beberapa perusahaan yang ada di Kecamatan Mataraman maupun dari pihak luar selain pendanaan kecamatan sendiri, diantaranya APDESI Mataraman, PT.BAM, CV. Rizki Bintang, PTPN XIII, PT. KCM, CV. PBB, Bank Kalsel, PGRI, CV. CPP, CV. Akbar, PT. MAS, PT. BBP, PT. ABAP, CV. Hirzan Raya serta partisipasi lintas sektoral.

“Harapan kami tentunya kafilah Mataraman yang sebagian besar didominasi putra dan putri asli mataraman, mampu memberikan hasil yang terbaik dan dapat meraih prestasi dari berbagai cabang yang dilombakan” tutur Camat Mataraman.

Tak hanya Musabaqoh Tilawatil Qur'an  tingkat Kab Banjar di Kecamatan Sungai Tabuk, digelar juga bazar Ekonomi Kreatif masing-masing Kecamatan yang dilaksanakan 24-27 Juli 2024, dalam hal ini Kecamatan Mataraman memasarkan produk unggulan yang di antaranya Bhukur/Perapen, Sirup Bunga Telang, Sirup Jahe, Minuman Jahe dan Jahe Susu, Kopi Takuti, Tas Purun, Tas Anyaman Jali, Gula Aren, Es Lahang dan produk lainnya seperti cemilan-cemilan.

Bazar Kecamatan Mataraman juga memberikan Doorprize kepada pembeli dalam setiap pembelian dengan jumlah tertentu.

"Sajian yang ditampilkan sangat kreatif mulai dari kerajinan tangan ibu PKK serta hasil perkebunan masyarakat semoga ini menjadi langkah awal mendongkrak perekonomian masyarakat  dan dikenal luas," tambah Camat Mataraman.


Komentar