Pelayanan Prioritas Khusus bagi Pasien RSUD Ratu Zalecha

MARTAPURA, InfoPublik - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura telah lama berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat. Pelayanan Prioritas terdiri empat poin ’’ Lansia (usia>60 Tahun), Bayi baru lahir (usia< 1 Bulan), Wanita hamil (usia>=6 bulan), Disabilitas (pakai tongkat/kursi roda/brankar) atau memiliki KARTU PEDULI’’.

 

Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD Ratu Zalecha Arief Rahman saat menjelaskan pelayanan, khususnya pad lansia, Selasa (23/7/2024).

 

Dimana dalam rangka memenuhi kebutuhan spesifik pasien lansia, telah disediakan berbagai layanan dan fasilitas khusus yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup pasien usia lanjut. Pasien lansia memiliki kebutuhan medis yang berbeda dan seringkali lebih kompleks dibandingkan dengan pasien dari kelompok usia lainnya,” ujar Arief.

 

Dijelaskan Arief pihaknya terus mengembangkan program pelayanan yang berfokus pada kesehatan geriatri mendapatkan perawatan optimal. Selain itu, keterlibatan keluarga dan edukasi mengenai perawatan lansia juga menjadi bagian integral dari pelayanan yang disediakan.

 

Proses pendaftaran bagi pasien lansia di Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura dirancang untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pasien atau keluarga pasien dapat mengunjungi loket pendaftaran khusus lansia yang terletak di dekat pintu masuk utama,” terang Arief.

 

Setelah itu, petugas administrasi yang berpengalaman akan membantu dalam mengisi formulir pendaftaran. Data yang diperlukan mencakup informasi pribadi seperti nama, umur, riwayat kesehatan, dan nomor identitas. Pihak rumah sakit memberikan prioritas bagi pasien lansia dengan menyediakan jalur cepat serta meminimalisir waktu tunggu.

 

Selanjutnya, pasien akan diberikan kartu pendaftaran yang berfungsi sebagai identifikasi untuk setiap kunjungan. Rumah Sakit Ratu Zalecha juga menyediakan fasilitas pendaftaran online melalui situs web resmi, yang bertujuan untuk mempermudah proses bagi mereka yang memiliki akses internet.

Setelah pendaftaran selesai, pasien lansia akan diarahkan ke poliklinik terkait sesuai dengan keluhan atau kebutuhan medis mereka. Petugas rumah sakit yang ramah dan profesional siap memberikan bimbingan selama proses pendaftaran hingga pelayanan medis berlangsung.

 

Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura menyediakan berbagai fasilitas dan layanan khusus di poliklinik untuk memenuhi kebutuhan kesehatan pasien lansia. Poliklinik ini dilengkapi dengan ramps yang memudahkan akses bagi pasien yang menggunakan kursi roda atau alat bantu jalan. Selain itu, kursi tunggu dan ruang pemeriksaan didesain ergonomis untuk kenyamanan pasien lansia.

 

Layanan kesehatan yang disediakan meliputi pemeriksaan rutin, konsultasi dengan dokter spesialis geriatrik, serta akses ke terapi fisik dan rehabilitasi. Tenaga medis yang beroperasi di poliklinik ini telah mendapatkan pelatihan khusus dalam menangani pasien lansia, sehingga mampu memberikan perawatan yang holistik dan berkualitas.

 

Penilaian positif dan umpan balik dari para pasien serta keluarga mereka menunjukkan bahwa inisiatif-inisiatif tersebut telah memberikan dampak yang substansial. Implementasi layanan berbasis kebutuhan lansia tidak hanya mempercepat proses pemulihan tetapi juga memberikan rasa aman dan dukungan moral yang sangat dibutuhkan oleh pasien lansia.

 

Keberhasilan program ini memberikan contoh bagi rumah sakit lain untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam rangka memperbaiki pelayanan kesehatan bagi populasi lansia. Dengan terus melakukan evaluasi dan penyempurnaan, diharapkan Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura akan terus menjadi pusat pelayanan kesehatan yang unggul bagi pasien lansia, memastikan kualitas hidup yang lebih baik di usia senja mereka,” tutup Arief. (memedbrigadehumasraza)


Komentar