Terong Bangtani Dorong Populasi Sapi di Karang Intan

MARTAPURA, InfoPublik - Untuk menambah populasi ternak Sapi di Kecamatan Karang Intan Program Terong Bangtani (Terus Dorong Kembangkan Petani) terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan populasi ternak sapi. Salah satu upayanya adalah mendorong penggunaan dana Ketapang untuk usaha penggemukan sapi.

 

Dalam hal ini Pemerintah Desa Jingah Habang Ilir menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pemeliharaan ternak sapi potong di Balai Desa Jingah Habang, Senin, (22/7/2024).

 

Pembakal Jingah Habang Ilir Syamsuri menyampaikan bahwa saat ini sudah dibangun kandang untuk kapasitas 10 ekor sapi yang dibangun diatas tanah seluas 5 borong. Tahap awal akan dilakukan pembelian 4 ekor sapi dan penanaman rumput gajah di sekitar kandang.

 

"Kedepannya kami ingin ikut ambil bagian di pasar hewan Karang Intan yang saat ini sudah dibuka,” terangnya.

 

KJF Distan Banjar Rifani Hernadi selaku narasumber menyampaikan pentingnya persiapan awal jika ingin memelihara sapi seperti tersedianya air, pakan dan pemilihan bakalan sapi yang tepat.

 

"Teknologi pengolahan Fermentasi juga perlu dikuasai, mengingat banyaknya jerami padi yang tersedia dan tidak dimanfaatkan,” ujarnya.

 

Bimtek ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para peternak sapi dapat mengajukan pertanyaan kepada narasumber terkait dengan materi yang telah disampaikan.

 

Program Terong Bangtani dan Bimtek ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peternak sapi di Kecamatan Karang Intan, sehingga dapat meningkatkan populasi sapi dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

 

Turut hadir penyuluh pertanian Karang Intan Fauzia Ayu Nurhany didampingi Lydia Narolitasari, Rusma Darmila dan Koordinator BPP Karang Intan Sigit Triyanto yang juga berhadir selalu siap mendampingi kegiatan bidang ketahanan pangan dan memfasilitasi jika memerlukan tenaga ahli untuk kemajuan desa. (Brigade Distan Sigit Triyanto/Syaripuddin) 


Komentar