Wujudkan Transisi PAUD ke SD Menyenangkan, Bunda PAUD Paramasan Laksanakan Monev ke Desa Angkipih

PARAMASAN, InfoPublik- Dalam rangka penguatan Transisi PAUD Ke SD yang menyenangkan di Tahun ajaran baru 2024 /2025 Bunda PAUD Kecamatan Paramasan laksanakan Monitoring dan Evaluasi masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar.

Acara dihadiri Camat Paramasan Muhammad Farid, Bunda PAUD Kecamatan Norhasanah bersama Kadernya, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Disransyah dan semua guru PAUD dan guru SDN yang dilaksanakan di Ruangan PAUD dan SDN Di Desa Angkipih Jum'at, (19/7/2024).

Bunda PAUD Kecamatan Paramasan Norhasanah menyampaikan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini merupakan langkah dan upaya bersama untuk memastikan pemenuhan  hak kemampuan pondasi anak usia dini. Gerakan ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak agar dapat terwujud.

"Transisi yang efektif adalah saat anak tidak lagi melakukan terlalu banyak penyesuaian sebagai akibat  perpindahannya," imbuhnya 

Kepala Satuan Pendidikan  Desa Angkipih Samsul Bahri menyampaikan ada tiga target perubahan yang diharapkan dari MPLS ini yakni;

1. Menghilang kan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD.
2. Menetapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua Minggu pertama di PAUD dan SD.
3. Menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan pondasi anak PAUD dan SD.

Samsul Bahri menambahkan selama menjalan kan program MPLS tidak ada hambatan anak anak baik dan mudah diatur hanya butuh sedikit waktu untuk mengenal lingkungan dan teman barunya. Solusi atas masalah yang ada kami selaku guru dan wali murid akan terus mendampingi dan membangun kepercayaan antara guru dan siswa.

Manfaat dari terlaksananya MPLS diantaranya adalah ; Sebagai strategi agar anak sepat beradaptasi dalam rangka pelaksanaan program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan agar anak bisa mengenali lingkungan sekolah dan lingkungan pembelajaran.

"Gerakan ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak khususnya di Desa Angkipih agar dapat terwujud dan menumbuhkan perilaku positif antara lain ; kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong," ujarnya.

"Solusi atas masalah yang ada kami selaku guru dan wali murid akan terus mendampingi dan membangun kepercayaan antara guru dan siswa  juga di imbau kepada orang tua murid akan lebih memperhatikan kehadiran anaknya," pungkasnya. (Brigade Paramasan Disransyah)


Komentar