Enam Koperasi di Kabupaten Banjar Raih Penghargaan di Peringatan Hari Koperasi Nasional

KARANG INTAN, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) peringati Hari Koperasi Nasional ke-77 di Ballroom Bukit Bintang Park and Resort, Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, Selasa (16/7/2024) pagi.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi yang membacakan sambutan tertulis Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menyebut peringatan Hari Koperasi ke-77 mengusung tema “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselarasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil”. Tema tersebut dimaksudkan meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045.


“Peran koperasi sangat penting untuk melengkapi ekosistem usaha rakyat agar tumbuh dari usaha mikro ke kecil, kecil ke menengah dan terhubung ke rantai pasok industri nasional. Koperasi menjadi solusi pembiayaan mikro yang paling banyak diakses rumah tangga Indonesia, setelah Bank Umum dan Kredit Usaha Rakyat,” kata Habib Idrus.

Ia mengajak semua harus memperkuat akuntabilitas koperasi, memperbaiki tata kelola dan menjadikan koperasi sebagai pilihan rasional bagi warga negara. Apresiasi dan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh pengurus dan anggota koperasi, dimana dengan ketekunan dan keteladanan telah mengantarkan ekonomi Indonesia tumbuh lebih berkualitas.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Banjar I Gusti Made Suryawati menambahkan, Pemkab Banjar melalui DKUMPP selalu memonitoring, membina, mengawasi dan menilai kegiatan koperasi di Kabupaten Banjar.

Dari 155 koperasi, lanjut Made yang sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebanyak 70. Sisanya akan berlangsung terus hingga bulan Desember mendatang.

Made mengungkapkan, sebagai bentuk apresiasi yang diberikan Pemkab Banjar sekaligus dalam rangka hari koperasi, DKUMPP Banjar melakukan kegiatan penilaian koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Banjar tahun 2024.

“Penilaian tersebut meliputi aspek organisasi, tata laksana, manajemen, produktivitas, manfaat dan dampak,” ungkap Made.

Ia berharap DKUMPP dapat terus memajukan koperasi untuk tetap intens dan berencana meningkatkan wawasan pengurus koperasi untuk belajar dengan koperasi yang lebih maju di luar Kabupaten Banjar.

Pada kesempatan ini Wabup Banjar menyerahkan piagam penghargaan kepada enam koperasi berprestasi.

Terbaik I Koperasi Konsumen Primkoppol Marta Banjar Kecamatan Martapura.
Terbaik II Koperasi Unit Desa Kayu Tangi Kecamatan Martapura.
Terbaik III Koperasi Produsen Usaha Tani Kayuh Baimbai Kecamatan Sungai Tabuk.
Harapan I Koperasi Pegawai Republik Indonesia Pendidikan Teknik Kecamatan Gambut.
Harapan II Koperasi Profesi Bersih Sehat Kecamatan Martapura.
Harapan III Koperasi Kehutanan Wana Lestari Kecamatan Telaga Bauntung.

Kegiatan turut dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Ketua Dekopinda Banjar Ahmad Baihaqi, para pengurus, pengawas, manajer dan karyawan koperasi di Kabupaten Banjar. (Media Center Banjar/Faidillah/Paris)


Komentar