Bunda PAUD Kecamatan Mataraman Monitoring Kegiatan MPLS

MATARAMAN, InfoPublik - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Mataraman, Ima Dewi Heryanto melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Masa Pengenalan Lingkungan dan Sekolah (MPLS) ke TK Negeri Pembina, Desa Mataraman dan SDN 3 Mataraman, Selasa (16/7/2024).

Kegiatan di TK Pembina disambut oleh Kepala Sekolah Nurul Hayati beserta para pengajar.
Untuk Tahun Ajaran 2024 -2025 terdapat 15 peserta didik baru yang sudah terdaftar.
Sementara di SDN 3 Mataraman terdapat 14 peserta didik baru yang terdaftar.

Kegiatan ini memiliki beberapa target perubahan yaitu:
1. Menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD.
2.menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama
3.menerapkan pembelajaran yang membangun enam fondasi kemampuan anak.

Selain itu juga memiliki tujuan yaitu:
1. Mengenali potensi diri siswa baru
2.Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, 
3. Menumbuhkan motivasi , semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, 
4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya,
5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki integritas, etos kerja dan semangat gotong royong.

Bunda PAUD Kecamatan Mataraman juga ingin memastikan setiap anak mendapatkan haknya dalam membangun fondasi kemampuan belajar sejak usia dini, menghargai proses perkembangan yang berbeda-beda di setiap satuan pendidikan terutama PAUD dan SD.

“Dari manapun titik berangkat mereka, semua perlu menghargai proses anak yang berbeda-beda, karena membangun kemampuan pondasi perlu dilakukan bertahap,” ujar Ima Dewi.

Menurut Ima sebagai sebuah gerakan, transisi PAUD ke SD yang menyenangkan harus dilakukan bersama-sama dengan semangat gotong royong. Para guru harus mengupayakan perubahan pada proses pembelajaran di satuan pendidikan, dengan didukung oleh para orang tua.

"MPLS merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekolah pada saat awal tahun ajaran baru, pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran dan membantu peserta didik beradaptasi dengan aspek keamanan dan sarana prasarana sekolah, serta mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya," jelasnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Bunda PAUD Desa Mataraman Erlita, Korwil Pendidikan Kecamatan Mataraman dan Babinsa Desa Mataraman. 


Komentar