Hadapi Cuaca Ekstrim, Petani Sungai Batang Ikuti Sekolah Lapang Iklim

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Penanggulangan dan Pengendalian Bencana Pertanian melaksanakan pertemuan kedua pra tanam Sekolah Lapang Iklim (SLI) di Kelompok Tani Serasi Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, Kamis (11/7/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam teknik budidaya dan pemilihan varietas yang berkesesuaian dengan type lahan dan iklim yang mempengaruhi di wilayah mereka.

Melalui SLI, para petani diberikan pemahaman mendalam tentang pola cuaca dan iklim serta strategi adaptasi yang dapat diterapkan. Ini akan membantu mereka mengambil keputusan yang lebih tepat dalam mengelola usaha tani, sehingga dapat meminimalisir risiko akibat perubahan iklim. Kolaborasi antara pemerintah dan kelompok tani sangat penting untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Sekolah Lapang Iklim (SLI) yang diselenggarakan Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melalui Bidang Penanggulangan dan Pengendalian Bencana Pertanian merupakan langkah nyata dalam mempersiapkan petani menghadapi tantangan iklim.

Sebagai narasumber dari BMKG, BSIP, BPTH Kal-Sel. Turut hadir Kabid Penanggulangan dan Pengendalian Bencana Imelda Rosanty beserta Kasi dan staf, POPT dan Koordinator BPP beserta PPL Martapura Barat.

Kabid Penanggulangan dan Pengendalian Bencana Imelda Rosanty, menyampaikan harapannya agar SLI ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para petani. 

"Melalui SLI ini, diharapkan para petani dapat lebih memahami kondisi iklim di wilayah mereka dan menerapkan teknik-teknik budidaya padi yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan ketahanan pangan di Kabupaten Banjar," ujarnya.
(Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar