Memasuki Kemarau, Distan Gelar Bimtek Karlabun untuk KTPA di Desa Penyambaran

MARTAPURA, InfoPublik - Memasuki musim kemarau kebakaran lahan dan kebun menjadi permasalahan serius bagi para petani. Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Penanggulangan dan Pengendalian Bencana Pertanian bersama BPP Karang Intan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Pengendalian kebakaran lahan dan Kebun di Desa Penyambaran bagi 6 KTPA (Kelompok Tani Peduli Api) Kecamatan Karang Intan, Jum'at (5/7/2024).

Kepala Dinas Pertanian Warsita menyampaikan dampak dari pembakaran lahan yang dapat merusak unsur hara dalam tanah dan menimbulkan asap yang menjadi permasalahan internasional yang sangat mengganggu bagi kesehatan. Daun atau jerami yang ada tidak perlu dibakar, tetapi dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos.

Ditambahkan Kabid Penanggulangan dan Pengendalian Bencana Pertanian Imelda Rosanty, cuaca ekstrim yang sering terjadi juga akibat dampak dari pembakaran hutan yang tidak terkendali.

"untuk itu diperlukan kesadaran dari petani untuk mau merubah kebiasaan dalam membakar lahan dan kebun saat akan membuka lahan pertanian/perkebunan," ujarnya.

Hadi Saputra selaku narasumber dari Manggala Agni menyampaikan tentang cara pencegahan dan penanggulangan dini jika terjadi kebakaran lahan.

Dengan Bimtek ini diharapkan para petani di Desa Penyambaran dapat memahami bahaya Karlabun dan mampu menerapkan teknik pencegahan dan penanggulangan dini Karlabun dengan baik, sehingga musim kemarau kali ini dapat dilewati tanpa adanya kejadian kebakaran lahan dan kebun.

Turut hadir dalam Bimtek tersebut Pambakal Penyambaran Ahdani, Sekretaris KTNA Kabupaten Banjar Masriansyah dan Koordinator BPP bersama PPL Karang Intan Sri Maryati, Mardiah, Siti Supriatin, Yulia Andriyani, Fitriyani dan Akhmad Zaki. (Brigade Distan Sigit Triyanto)  


Komentar