Perkuat Sinergitas, Bappedalitbang Gelar Sosialisasi Bersama Stakeholder Non Pemerintah

MARTAPURA, InfoPublik – Dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Kabupaten Banjar telah menyusun berbagai program dan kegiatan yang berfokus pada pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas pendidikan, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.  Namun keberhasilan implementasi SDGs sangat tergantung pada partisipasi aktif dan dukungan semua pihak. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Bappedalitbang Kabupaten Banjar, Hanafi, didampingi Kabid Perekonomian dan SDA, Dedi Nurmadi, saat membuka kegiatan Sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten Banjar Tahun 2024 Program/Kegiatan Non Pemerintah, di aula Bauntung Bappedalitbang Banjar Martapura, Kamis (4/7/2024).

“Melalui sosialisasi ini, kita berharap dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi antara dan berbagai stakeholder non-pemerintah. Oleh karena itu kami mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam setiap program dan kegiatan yang direncanakan,” kata Hanafi.

Dikatakan Hanafi, setiap kontribusi sekecil apapun sangat berarti dalam upaya kita bersama untuk menciptakan Kabupaten Banjar yang lebih baik, lebih sejahtera dan berkelanjutan.

Dedi Nurmadi, menambahkan perlu dilakukan sinergitas antara pemerintah dan dunia usaha melalui tanggung jawab sosial perusahaan (TSP) yang ada di perusahaan dengan mengambil peran yang lebih luas dan terintegrasi untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs di Kabupaten Banjar.

Sementara itu Kasubbid Ekonomi, Gusti Rizki Azhari mengungkapkan ingin mengoptimalkan pelaksanaan sinergitas melalui administrasi kegiatan pembangunan ekonomi, target pembangunan sampai saat ini kita masih belum ada data dalam sistem informasi terkait dengan SDGs untuk bidang sektor pelaku usaha.

“Ini merupakan kekurangan sinergis kita, bagaimana kita bisa melibatkan pelaku usaha yang ada di wilayah Kabupaten Banjar.  Untuk meningkatkan sinergi tersebut kita membuat sistem informasi SDGs untuk pelaku usaha melalui SI PULANTAN Sistem Informasi Berkelanjutan untuk Pelaku Usaha untuk mengidentifikasi atas peran atau sumbangsih tanggung jawab sosial perusahaan,” jelasnya.

Diakhir acara Kepala Bappedalitbang Nasrullah Shadiq yang berkesempatan berhadir menyampaikan bahwa selama ini tanggung jawab perusahaan itu memang ada, akan tetapi karena tidak melalui forum kegiatan hanya dilingkup sekitar perusahaan, kita ingin masyarakat diluar lingkungan perusahaan juga merasakan manfaat dari keberadaan perusahaan di Kabupaten Banjar.

“Kami ingin bekerjasama kontribusi perusahaan dalam pembangunan di kabupaten banjar dan dapat terorganisir sehingga tidak tumpang tindih dengan kegiatan perusahaan lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara PT. BIT, PT. MAS, PT. Talenta Bumi, Bank KALSEL Martapura, RS. Pelita Insani. PT. BPR Martapura, Perumda Pasar Bauntung Batuah dan Bappedalitbang(ione/bappedalitbang)


Komentar