Pendampingan Penumbuhan dan Penguatan KEP Menuju Korporasi Petani

MARTAPURA, InfoPublik - Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Sultan Malenggang di Langit di Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan). Dukungan ini ditunjukkan melalui pendampingan dalam rapat pertemuan anggota Koperasi yang diadakan Jum'at (27/6/2024).

Rapat ini dihadiri pembina dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel  yang diwakili oleh Zainal Ilmi, Kasi Kelembagaan Petani Dwi Retnani dan narasumber KJF Distan Rifani Hernadi.

Dalam kesempatan ini dibahas mengenai rancangan usaha yang telah disusun oleh anggota dan pengurus KEP yaitu pengolahan dan pemasaran pupuk Organik.

Zainal Ilmi mengingatkan pentingnya menjaga semangat kerjasama dengan azas kekeluargaan sebagai amanah UUD Negara RI 1945 dalam organisasi Koperasi ini. 

Senada dengan Zainal Ilmi, Kepala Seksi Kelembagaan Petani Dwi Retnani menyatakan bahwa KEP yang beranggotakan pengusaha di bidang pertanian atau petani yang sudah punya usaha adalah orang-orang yang memiliki mindset ke arah business dan berorientasi pada keuntungan (Profit Oriented) sehingga penyusunan rencana kerja dengan pembagian tugas yang jelas oleh masing- masing Divisi dan anggotanya harus disusun sebaik - baiknya untuk menentukan arah tujuan usaha Koperasi.

Dalam kegiatan Pendampingan, penumbuhan dan penguatan KEP ini, Rifani Hernadi telah meningkatkan wawasan pengurus dan Anggota Koperasi tentang manajemen organisasi dan kepemimpinan yang akan melibatkan para mitra usaha. (Brigade Distan Dwi Retnani) 


Komentar