Kader Digital Simpang Tiga Paparkan Program Desa Cerdas,

MATARAMAN, InfoPublik - Kader Digital Desa Simpang Tiga memberikan pemaparan mengenai program Desa Cerdas dari Kemendesa PDTT, di Balai Desa Simpang Tiga, Senin (24/6/2024).

 

Dalam pemaparannya, Kader Digital Desa Simpang Tiga, Rizal Liannor menjelaskan maksud dari program Desa Cerdas, yang bertujuan untuk memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan desa. Salah satu aspek utama yang disampaikan adalah pembentukan ruang komunitas digital desa.

 

Ruang ini diharapkan menjadi forum bagi masyarakat untuk berdiskusi dan bertukar pendapat mengenai rencana kegiatan dan pembangunan desa sesuai dengan konsep digitalisasi berdasarkan skala prioritas kebutuhan masyarakat,” katanya.

 

Camat Mataraman, Heryanto yang juga turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan pentingnya keberlanjutan program Desa Cerdas dan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam ruang lingkup desa.

 

"Program Desa Cerdas dan kegiatan yang telah kita mulai harus tetap berjalan dan berkelanjutan agar dapat memberikan dampak positif bagi warga masyarakat setempat," tegasnya.

 

Selain itu, Ikromi selaku Pambakal Desa Simpang Tiga juga memberikan pandangannya tentang program ini. "Dengan adanya program Desa Cerdas, harapannya muncul inovasi-inovasi baru yang dapat mendorong potensi Desa Simpang Tiga guna meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat nantinya," ujar Ikromi.

 

Acara ini diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat Desa Simpang Tiga tentang pentingnya digitalisasi dalam pembangunan desa. Dengan adanya ruang komunitas digital, warga dapat lebih mudah berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan pengawasan kegiatan pembangunan desa sehingga tercipta transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan fasilitas komunitas seperti internet, komputer, printer dan perangkat digital lainnya.

 

Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang interaktif, di mana warga desa dapat langsung menyampaikan ide dan masukan mereka terkait program Desa Cerdas. Diskusi ini menjadi langkah awal yang positif menuju implementasi program yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat Desa Simpang Tiga.


Komentar