Damkar Banjar Evakuasi Ular di Kandang Ternak Warga Sekumpul

MARTAPURA, InfoPublik - Petugas Damkar Banjar berhasil menangkap ular phyton/sanca batik berukuran ± 2,5 meter, di Jalan Sekumpul Gang Purnama RT.2 RW.1, Kecamatan Martapura, Selasa (25/6/2024) malam. 


Najab mengatakan saat itu sedang santai bersama keluarga di ruang keluarga rumahnya. Namun ada suara gaduh di kandang ternak miliknya. 

"Saat saya mendengar suara gaduh kemudian memeriksa. Saat itu melihat ular tersebut langsung saja melapor ke Petugas Dinas Damkar," tutur Najab

Kabid Pemadaman Penyelamatan Evakuasi dan Sapras Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Banjar M. Kasyaf R mengatakan, info masuk sekitar pukul 21.50 Wita. 



"Saat itu, infonya ada ular berukuran ± 2,5 meter berada disekitar kandang ternak peliharaan warga," ujar Kasyaf

Dikatakannya, Tim Damkar Banjar langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Berbekal alat dan kemampuan penyelamatan hewan.

"Kami berhasil menangkap ular sanca batik, selesai penanganan pukul 22.10 wita. Saat kejadian ular belum sempat memakan ternak warga," tutur dia.

Setelah ular berhasil diamankan dan nantinya dilepaskan liarkan jauh dari permukiman, tambahnya, petugas memberikan edukasi kepada warga di lokasi agar terhindar dari bahaya ular. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/PLETON2/SAY17)


Komentar