DPRKPLH Banjar Bentuk KSM di Desa Benua Anyar

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar sosialisasikan pengelolaan sampah dan membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Desa Banua Anyar DS Kecamatan Astambul, Selasa (25/6/2024).

Sosialisasi  pengelolaan sampah dilaksanakan di Balai Desa Banua Anyar DS dihadiri masyarakat setempat, Ketua Ketua RT, Kader Posyandu, TP PKK Desa Banua Anyar. 

Pambakal Desa Banua Anyar Didi Wahyudi menyampaikan terima kasih kepala DPRKPLH Banjar tang sudah mensosialisasikan pengelolaan sampah di desa kami.

"Kami berharap ini bisa mengubah perilaku masyarakat di desa agar bisa mengelola sampah dengan baik," ucapnya.

Staf Seksi Kemitraan Pengelolaan Sampah Ratih memberikan materi tentang pengelolaan sampah yang baik dan Perda No 4 Tahun 2016 tentang pengelolaan sampah yaitu tanggung jawab Pemda mengangkut sampah dari TPS ( Tempat Pembuangan Sementara) menuju TPA ( Tempat Pembuangan Akhir) sedangkan untuk Sampah dari Rumah tangga ke TPS itu tanggung jawab desa masing - masing. 

Sementara narasumber lainnya Syam menjelaskan tentang KSM, bagaimana cara sistem organisasi nya dan cara mengelola sampah dengan baik. 

Dengan adanya kegiatan Sosialisasi ini,  Desa Banua Anyar DS membentuk KSM untuk mengelola sampah dengan mandiri dan bisa merubah perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan agar memilah sampah dari Rumah.(IP/Kab.Banjar/Brigade DPRKPLH/SYAMPSLB3)


Komentar