Perkuat Kapasitas dan Kompetensi, Distan Banjar Bimtek 40 Penyuluh Pertanian Swadaya

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam rangka pembangunan bidang pertanian dan untuk menumbuhkembangkan kemampuan kemandirian petani maka perlu penyuluhan yang dilakukan secara professional.

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyuluh Pertanian Swadaya di Aula Distan, Selasa (25/6/2024).

Plt. Sekretaris Distan Sri Wurwani mengatakan dilaksanakan bimtek ini merupakan komitmen Pemkab Banjar dalam memberdayakan penyuluh pertanian swadaya sebagai mitra strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan yang kuat.

“Penyuluh Pertanian Swadaya adalah pelaku pelaku utama yang berhasil dalam usahanya dan warga masyarakat lain dan mampu menjadi penyuluh, harus memiliki sikap pembaharu, motivator, organisator komunitas dan pemimpin langsung di lapangan," ujarnya.

Menurut Sri, di era digitalisasi sekarang peran Penyuluh Pertanian Swadaya juga harus adaptif dalam upaya untuk memberdayakan dan melakukan transfer pengetahuan kepada petani. Peran penyuluh kekinian justru menjadi sebuah tantangan baru yang perlu diantisipasi dengan baik, sehingga mampu menjadi penyuluh yang profesional di bidangnya.

"Maka dari itu manfaatkan bimtek ini untuk menggali ilmu, bertanya dan berdiskusi dengan narasumber yang kompeten di bidangnya. Sehingga ilmu yang didapat memberikan manfaat, bukan hanya bagi diri kita juga bagi orang banyak khususnya para petani kita di Kabupaten Banjar," harapnya.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Seksi Pengembangan SDM Purnama Sarie beserta staf, narasumber dari Balai Besar Pelatihan Binuang dan peserta Bimtek sebanyak 40 orang Penyuluh Swadaya yang berasal dari perwakilan seluruh kecamatan Sekabupaten Banjar.(Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar