Puluhan Petani Milenial Martapura Timur Dilatih Menjadi Pengusaha Tani Handal

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Penyuluhan Pertanian kembali gelar pelatihan peningkatan Kapasitas Manajemen Bisnis Bagi Pemula di Aula BPP Martapura Timur, Senin (24/6/2024) 

Kegiatan diikuti oleh 30 peserta yang merupakan perwakilan dari 20 Desa se-Kecamatan Martapura Timur. Start Up for Youth merupakan 1 dari 4 kelas pelatihan dalam Program Yess.  

Koordinator BPP Martapura Timur Kasmawati mengatakan Sumber Daya Manusia Petani Muda/Milenial di Kecamatan Martapura Timur tersedia dalam Jumlah yang cukup banyak sehingga tahun ini akan dapat alokasi kelas peminatan sebanyak 3 angkatan atau sejumlah 90 orang peserta yang akan mendapatkan fasilitas pelatihan.

Pihak Kecamatan Martapura Timur pun melalui Sekretaris Camat M Sonwani Agus mengemukakan hal serupa bahwa pemuda di Kecamatan ini perlu untuk dibangkitkan minatnya, ditingkatkan wawasan keilmuannya sehingga akan pandai memanajemen usaha tani kedepannya. 

Pelatihan serupa dilaksanakan secara serentak di lima Kecamatan lain yaitu Beruntung Baru, Astambul, Sungai Tabuk, Mataraman dan Pengaron. 

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar selaku DIT program YESS berharap dari kegiatan Peningkatan Kapasitas Manajemen Bisnis Bagi Pemula (Start Up Training For Youth) ini petani/wirausahawan muda memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan prinsip-prinsip manajemen untuk memulai, mengelola dan mengembangkan usaha secara mandiri atau berkelompok berbasis kluster komoditas/subsektor pertanian yang sama. Dari sini mereka dapat menyusun dan mengembangkan usaha yang menguntungkan yang dapat diajukan ke lembaga keuangan formal untuk memperoleh fasilitasi pembiayaan.

Pengembangan usaha tani yang dilakukan secara berkelompok/kluster akan menjadikan model bisnis yang sesuai dengan potensi unggulan di kecamatan ataupun kabupaten bisa lebih maju, berkembang dan berinovasi.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Seksi Kelembagaan Petani Dwi Retnani, Koordinator Balai beserta PPL Martapura Timur. (Brigade Distan Dwi Retnani)


Komentar