DPKP Banjar Amankan Ular Phyton di Dua Kecamatan

MARTAPURA, InfoPublik - Petugas Damkar Banjar kembali menangkap 2 (dua) ular di Jalan Taruna Praja Gang Inayah Sungai Sipai Kecamatan Martapura dan Jalan Jaruju Laut RT.2 RW.1 Kecamatan Tatah Makmur, Jumat (21/6/2024).

Adapun dua jenis ular yang diamankan phyton/sanca batik berukuran ± 3 meter dan 80 centimeter.

Fathan Akromi mengatakan saat itu belum bisa tidur kemudian ngaso lah di teras depan rumahnya. 

"Saat saya lumayan lama santai istirahat depan rumah. Saat itu melihat ular tersebut langsung saja melapor ke Petugas Dinas Damkar," tutur Fathan.



Sementara Rinita mengatakan saat itu sedang habis sarapan kemudian menyiapkan pakan untuk makan ternak miliknya. Namun ada suara gaduh di kandang ayam miliknya. 

"Saat saya mendengar suara gaduh kemudian memeriksa. Saat itu melihat ular tersebut langsung saja melapor ke Petugas Dinas Damkar," tutur Rinita.

Kabid Pemadaman Penyelamatan Evakuasi dan Sapras Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Banjar M. Kasyaf R mengatakan, info masuk sekitar pukul 01.10 dan pukul 09.42 Wita.

Dikatakannya, Tim Damkar Banjar langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Berbekal alat dan kemampuan penyelamatan hewan.

"Kami berhasil menangkap dua ular sanca batik," ujarnya.

Setelah ular berhasil diamankan dan nantinya dilepaskan liarkan jauh dari permukiman, tambahnya, petugas memberikan edukasi kepada warga di lokasi agar terhindar dari bahaya ular. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/SAY17)


Komentar