DPRD Pamekasan Belajar Pelaksanaan Inovasi Daerah di Kabupaten Banjar

MARTAPURA, InfoPublik – Bappedalitbang Kabupaten Banjar menerima kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Pamekasan, di aula Bauntung Bappedalitbang, Martapura, Jumat (21/6/2024).

Rombongan DPRD Pamekasan dipimpin Wakil Ketua DPRD H Hermanto disambut Sekretaris Bappedalitbang Hanafi didampingi Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Nuri Ansyari.

Hanafi mengatakan pihaknya menyambut baik kedatangan rombongan, dengan adanya kunjungan dia berharap bisa saling berbagi pengalaman dan saling belajar untuk pembangunan di masing-masing daerah.

Selaku ketua rombongan Hermanto menyampaikan maksud kegiatan kunjungannya yaitu terkait fasilitasi untuk mendukung dan mendorong serta menciptakan pelaksanaan inovasi di Kabupaten Banjar sebagai bahan perbandingan untuk belajar bagaimana pengelolaan inovasi di Kabupaten Banjar.

Menjawab maksud kunjungan tersebut Nuri Ansyari menjelaskan bahwa di tahun 2024 ada 7 kegiatan inovasi yang dilakukan salah satunya Laboratorium Inovasi Daerah.

“Laboratorium Inovasi Daerah merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Banjar bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI melalui 5 D yaitu  drum up, diagnose, design, deliver, display dan dokumentasi.  Bersama LAN kita mengali inovasi ASN dan masyarakat,” kata Nuri.

“Kita melakukan monitoring dengan melibatkan tim dengan turun kelapangan secara langsung untuk mengevaluasi sejauh mana implementasi penerapan inovasi yang dilakukan di lapangan, kendala yang ada, dan inovasi tersebut terus dievaluasi agar terjaga selama dua tahun,” jelasnya.

Selain itu ditambahkan Nuri di Kabupaten Banjar juga dibentuk Tim Inovasi Daerah guna memantau kegiatan inovasi di SKPD, selanjutnya ada Klinik Inovasi, melaksanakan kegiatan Bimtek dan Workshop serta menggelar Lomba Inovasi di Daerah melalui INTAN (Inovasi Tangguh dan Andalan) Kabupaten Banjar yang diikuti oleh ASN SKPD dan Masyarakat umum dengan berbagai kriteria.

Disertai dengan diskusi tanya jawab kegiatan pertemuan kunjungan kerja ini diakhiri dengan foto bersama. (ione/Bappedalitbang)


Komentar