Pastikan Kesehatan dan Keamanan Hewan Kurban, Distan Sosialisasikan Pemeriksaan Postmortem

MARTAPURA, InfoPublik - Hari Raya Kurban (Iduladha) salah satu hari besar keagamaan bagi umat Islam yang identik dengan penyembelihan hewan kurban. Dalam rangka memastikan keamanan dan kesehatan hewan kurban, perlu dilakukan pemeriksaan ante mortem dan postmortem untuk mendeteksi adanya penyakit atau masalah kesehatan lainnya. 

Terkait hal tersebut Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melaksanakan sosialisasi pemeriksaan postmortem hari besar keagamaan di aula Distan, Selasa (11/6/2024). 

Kabid Keswan dan Kesmavet drh. Lulu Vila Vardi menyampaikan pemeriksaan postmortem merupakan pemeriksaan kesehatan karkas, daging, dan organ hewan kurban setelah disembelih. 

"Pemeriksaan ini dilakukan untuk menjamin keamanan dan kualitas daging," ujarnya.

Melalui sosialisasi ini, disampaikan Lulu Vila Vardi pentingnya pemeriksaan postmortem untuk mencegah penyebaran penyakit hewan,  menjaga keamanan konsumen, serta untuk menjaga kesejahteraan hewan kurban. 

"Semua hewan yang akan disembelih wajib diperiksa terlebih dahulu oleh petugas  keswan kesmavet," tuturnya.

Kasi Kesmavet drh. Asep Yusup Nugraha Siliwandi memaparkan pentingnya menjaga higiene dan sanitasi saat pemotongan hewan kurban dan dilanjutkan dengan teknik pemeriksaan post mortem hewan kurban dengan memprioritaskan pemeriksaan pada  karkas dan jeroan meliputi paru-paru, limpa, hati dan usus.

"Dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat memahami pentingnya menjaga higiene dan sanitasi saat pemotongan hewan kurban sampai kepada distribusi dan pengolahan daging kurban, pentingnya memperhatikan kesejahteraan hewan kurban, serta pentingnya pemeriksaan postmortem hewan kurban.  Sehingga masyarakat dapat menikmati daging kurban yang ASUH (aman, sehat, utuh dan halal)," jelasnya.

Ditambahkannya dengan kerja sama yang baik antara petugas, panitia kurban dan masyarakat maka pelaksanaan ibadah kurban di Kabupaten Banjar akan berlangsung dengan lancar dan aman.

Sosialisasi ini dihadiri para kepala seksi beserta stafnya, Kepala UPTD Rumah Potong Hewan H. M. Taufik dan Koordinator Balai Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Banjar. (Brigade Distan Syaripuddin/Asep Yusup NS) 


Komentar