Inovasi Kabupaten Banjar Ikuti Tahapan Diagnose dan Design dari LAN RI

MARTAPURA, InfoPublik – Sehari setelah kegiatan Drum Up Laboratorium Inovasi Daerah sekaligus Launching Kompetisi Inovasi Tangguh dan Andalan (INTAN) Banjar Tahun Anggaran 2024.

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Bappedalitbang bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali menggelar kegiatan Diagnose, dan Design yang dilaksanakan di aula Baiman dan Bauntung Bappedalitbang, Martapura, Rabu (12/6/2025).

Dalam kegiatan ini ada 52 inovasi dari 16 SKPD dengan rincian 10 inovasi tata kelola pemerintahan, 12 inovasi pelayanan publik dan 30 inovasi bentuk lainnya yang akan di Diagnose, dan di Design yang dipandu langsung oleh 3 tenaga ahli dari LAN RI yaitu Antun Nastri Sidik, Hesti Annisa serta Safrida Yanti Siregar.

Kabid Litbang dan Inovasi Nuri mengatakan hari ini kita melakukan Diagnose dengan menghadirkan inovator secara langsung agar bisa diidentifikasi dan digali lebih mendalam potensi dan kemudian inovator dapat memunculkan ide inovasi.

“Selain itu  juga dilaksanakan tahap Design, dimana pada tahap ketiga ini LAN RI akan memberikan pembelajaran tentang bagaimana mendesain sebuah inovasi sampai dengan rencana aksi yang akan dilakukan oleh sasaran lokus," ujarnya

Menurut Nuri, karya inovasi dari sasaran lokus setidaknya harus memenuhi lima kriteria di antaranya karya inovasi yang diajukan harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, yakni aspek kebaruan, aspek kemanfaatan, aspek keberlanjutan, aspek kompatibilitas, aspek solusif dan juga aspek direplikasi.

Perlu diketahui selanjutnya tahapan inovasi ini akan masuk tahap keempat ada Delivery yang diisi dengan pemantauan rencana aksi inovasi yang dilakukan dan tahap kelima yaitu Display untuk memamerkan hasil inovasi yang dilakukan oleh inovator ke publik baik melalui pameran maupun media lainnya. (ione/Bappedalitbang)


Komentar