Rakor Pambakal Se-Kecamatan Mataraman Penurunan Angka Stunting Ditekankan

MATARAMAN, InfoPublik - Kecamatan Mataraman menggelar Rapat Koordinasi Pambakal atau Kepala Desa se-Kecamatan Mataraman, di halaman Balai Desa Bawahan Pasar, Selasa (11/6/2024).

 

Dalam rapat ini dibahas berbagai topik yang meliputi pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, kamtibmas dan aspek sosial lainnya.

 

Dikesempatan ini Camat Mataraman Heryanto menyampaikan info bahwa KP2KP Martapura akan memberikan layanan perpajakan di uar lingkungan kantor (LDK) yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Juni 2024 bertempat di Kantor Camat Mataraman.

 

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh pembakal agar menginformasikan hal tersebut kepada para wajib pajak yang ingin memperoleh layanan perpajakan,” ujarnya.

 

Heryanto juga menyampaikan bahwa bulan Juni ini merupakan bulan pencegahan/penurunan angka stunting, maka diharapkan tingkat kehadiran balita (D/S) di semua posyandu mencapai 100%. Seandainya masih ada posyandu yang D/S nya di bawah 100% maka akan dilakukan kunjungan/penjemputan ke rumah balita sasaran.

 

Jumlah posyandu se Kecamatan Mataraman sebanyak 33 buah, dengan balita sasaran sebanyak 1.278 balita. Untuk itu diharapkan juga peran aktif personil TNI dan Polri (Babinsa dan Babinkamtibmas) sesuai wilayah tugasnya masing-masing,” terangnya.

 

Camat Mataraman "Terkait SMART KAMPUNG MANIS, dari 277 desa, baru 15 desa yang sudah menerapkan, dimana 7 di antaranya dari Kecamatan Mataraman. Tim Gabungan (Kecamatan, Polsek, dan Pol PP) akan menggelar operasi terhadap tempat-tempat hiburan malam untuk mendukung kondisi kondusif. Pengajuan DD Tahap 2 baru 3 desa yang sudah rampung, yakni Desa Bawahan Pasar, Desa Sungai Jati, dan Desa Simpang Tiga. Berdasarkan BA IDM yang sdh ditandatangani oleh Camat dan PD, maka diperoleh sebanyak 1 Desa berkembang, 8 Desa maju, dan 6 Desa mandiri.

 

Perwakilan dari Kepala UPT Puskesmas dalam sambutan menyampaikan Mohon dukungan dan peran aktif seluruh Pambakal dan segenap Kader Desa dalam kegiatan penurunan angka stunting di Kecamatan Mataraman.

 

Untuk perwakilan dari Koordinator BPP Mataraman juga menyampaikan beberapa hal yaitu Kegiatan Pengembangan Jagung Hybrida di Desa Takuti sudah dilaksanakan berupa droping pupuk hayati (puhay) dan NPK, Kegiatan Pengembangan Padi Hybrida di Desa Bawahan Seberang sudah dilaksanakan berupa droping pupuk hayati (puhay) dan benih padi, Kegiatan Irigasi Perpompaan (Pompanisasi) di Desa Bawahan Seberang, sudah memasuki tahap pembukaan rekening dan proses SID di Dinas Pertanian.

 

Kegiatan P2L untuk KWT di Desa Tanah Abang sudah pada tahap pembukaan rekening dan proses penentuan RAB KWT, Akan berlangsung kegiatan start up progres YESS, dimana peserta dari CPM/PM di Kecamatan Mataraman yang dibuka untuk 2 kelas. Kelas I pada tanggal 24-27 Juni 2024 dan Kelas II tanggal 8-11 Juli 2024, dengan jumlah peserta 30 orang untuk setiap kelasnya,” jelasnya.

 

Perwakilan dari Polsek Mataraman menyampaikan bahwa kondisi keamanan di Kecamatan Mataraman dalam suasana kondusif. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kepolisian RI ke- 77, maka pada tanggal 1 Juli 2024 Polres Banjar akan melaksanakan pemberian bantuan sosial. Salah satu locus bansos tersebut adalah Sungai Bokor, Desa Pematang Danau berupa sumur bor untuk lebih meningkatkan ketersediaan air bersih pada wilayah tersebut.

 

Untuk tertib administrasi, maka pihak desa perlu menyampaikan pengajuan secara tertulis ke Polsek Mataraman untuk selanjutnya diteruskan ke Polres Banjar, dengan harapan sebelum 1 Juli sudah bisa diserahterimakan.

 

Dari Perwaklilan Danposramil menyampaikan adanya kunjungan KSAD menyebabkan pihak koramil fokus kepada kegiatan penyambutan KSAD tersebut, sehingga banyak kegiatan di kecamatan yang tidak bisa diikuti/dihadiri tapi kami selalu siap untuk memberikan dukungan terhadap upaya penurunan angka stunting din Kecamatan Mataraman.

 

Dari Pendamping Lokal Desa (PLD) menyampaikan bahwa status Desa yang sudah Mandiri diharapkan tidak turun, sedangkan untuk status Desa Maju bisa meningkat menjadi Desa Mandiri, atau Desa Berkembang menjadi Desa Maju. Penggalian dan pengembangan potensi desa diharapkan bisa menjadi ikon pada tiap-tiap desa, seperti subsektor pertanian, perkebunan, atau UMKM.

 

Kepala UPT PLKB juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa PLKB mendukung penuh upaya penurunan angka stunting dengan menerjunkan 2 petugas/kader ke setiap posyandu. Terhadap petugas/yang mangkir akan dikenakan pemotongan TPP. Untuk Pelaksanaan Bimbingan Teknis kepada calon penganten (caten) untuk memperoleh sertifikat elsimil sebagai syarat untuk boleh menikah. Memberikan penyuluhan kepada warga tentang alat kontrasepsi jangka panjang (AKBP). Launching Kampung Berkualitas (Kampung KB).

 

Hadiri oleh Kasi Kecamatan Mataraman, Kapolsek Mataraman yang diwakilkan Zais, Danposramil yang diwakili Rolly Setiawan, Kepala UPT Puskesmas Mataraman yang diwakili oleh H. Syaifullah, Koordinator BPP Mataraman yang diwakili H. Irfan Hadi Nugroho, Kepala UPT PLKB Hasanul Basri, Ketua APDESI beserta seluruh Pambakal Se Kecamatan Mataraman serta Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Mataraman.


Komentar