Penyuluh Karang Intan Syukuran Panen Padi di Desa Lok Tangga

MARTAPURA, InfoPublik - Suasana sukacita dalam acara syukuran panen padi bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan seluruh Kelompok Tani (Poktan) di Desa Lok Tangga Kecamatan Karang Intan, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan ini merupakan gagasan dari Penyuluh Pertanian Swasta (PPS) Abdul Basyid dan PPL Lok Tangga Mardiah untuk mendorong para pengurus kelompok tani agar mau aktif lagi dalam berkelompok.

KJF Pembina BPP Karang Intan Nuruddin menyampaikan pentingnya Kelompok Tani dalam menjalankan program dari dinas Pertanian Kabupaten Banjar. 

"Kelompok Tani menjadi wadah bagi para petani untuk saling bertukar informasi, ilmu pengetahuan, dan pengalaman dalam bertani," jelas Nuruddin.

Selain itu, Nuruddin juga mengajak para peternak maupun pedagang sapi di daerah tersebut untuk mau bertransaksi jual beli ternak di Pasar Hewan Padang Panjang yang buka setiap Hari Kamis. Harapannya dapat menjadi wadah bagi para peternak untuk memasarkan ternak mereka dengan harga yang lebih baik.

Dalam pertemuan tersebut disepakati Sistem tanam jajar legowo dengan IP200 di Lok Tangga akan mulai tahun depan yang tentunya akan didukung sepenuhnya oleh Dinas Pertanian Kabupaten Banjar dan BPP Karang Intan searah dengan program Terong Bangtani (terus dorong kembangkan petani) . Sistem tanam ini diharapkan dapat meningkatkan hasil panen padi di Desa Lok Tangga.

Turut hadir Koordinator Balai dan Penyuluh Karang Intan, PPS dan kelompok tani. (Brigade Distan Syaripuddin/Sigit Triyanto) 


Komentar