Distan Gelar Rakor Tim Input E-RDKK Se-Kabupaten Banjar

MARTAPURA, InfoPublik - Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK) merupakan sistem elektronik yang digunakan oleh kelompok tani untuk menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) pupuk bersubsidi. Sistem ini diterapkan oleh Kementerian Pertanian untuk meningkatkan ketepatan sasaran penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani.

Dalam rangka memastikan pemutakhiran data E-RDKK Tahun 2024 yang akurat dan tepat waktu, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Input E-RDKK se-Kabupaten Banjar di Aula Distan, Selasa (11/6/2024) siang.

Rakor Tim Input E-RDKK se-kabupaten Banjar merupakan langkah penting dalam pemutakhiran Data E-RDKK Tahun 2024. Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan akurasi dan efektivitas proses perencanaan pembangunan daerah, rapat ini menjadi forum bagi para pemangku kepentingan untuk menyamakan persepsi dan memastikan data yang diinput ke dalam sistem E-RDKK benar-benar valid dan terkini.

Kehadiran seluruh anggota tim input E-RDKK dari Koordinator Balai dan Penyuluh se-kabupaten Banjar menunjukkan komitmen yang kuat untuk memastikan proses pemutakhiran data berjalan dengan baik. Melalui diskusi dan koordinasi yang intensif, diharapkan seluruh data yang dimasukkan ke dalam sistem E-RDKK dapat mencerminkan kebutuhan riil masyarakat, sehingga perencanaan pembangunan yang disusun dapat lebih tepat sasaran dan memberikan manfaat optimal bagi seluruh lapisan masyarakat.

Kabid Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan Nurul Chatimah menyampaikan data E-RDKK yang akurat sangat penting untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penyaluran pupuk bersubsidi.

"Oleh karena itu, saya minta kepada seluruh Tim Input E-RDKK untuk bekerja dengan penuh ketelitian dan tanggung jawab dalam melakukan pemutakhiran data," ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri Ditjen Pupuk dan Pestisida via zoom,  Kepala Seksi Pengembangan Sarana Peternakan Gusti Rahmatullah beserta Staf, PT Pupuk Indonesia, KJF dan Tim Input E-RDKK se-Kabupaten Banjar. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar