ProKlim Hari Pertama Verifikasi Desa Pulau Nyiur

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menerima Kedatangan Tim Verifikasi dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) wilayah Kalimantan di ruang kerja Kepala Dinas PRKPLH, Selasa (11/6/2024).

Tim Verifikator disambut baik oleh Kadis Akhmad Bayhaqie yang didampingi oleh Nur Aina Kabid P2KLH dan Khaezar Kasi KSDAPLH, sedangkan dari Tim Verifikasi terdiri dari 1 orang dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan 2 orang dari Manggala Agni 

Kadis PRKPLH Akhmad Bayhaqie berharap proses penilaian hari ini dapat berjalan dengan lancar dan hasil yang diperoleh dari setiap desa sesuai dengan kondisi di lapangan dalam aplikasi Spectrum.

Sektretaris desa Pulau Nyiur M. Gajali menyampaikan profil secara umum dari Desa Pulau Nyiur yang merupakan bagian dari Hutan Lindung, Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam.

"Warga Desa Pulau Nyiur yang berjumlah 1.828 jiwa dengan jumlah Laki-laki 922 dan perempuan 894 dengan Kepala Keluarga sebanyak 626 Kepala Keluarga yang mana separuhnya atau 300 Kepala Keluarga yang memanfaatkan sumber Mata Air di wilayah," jelasnya.

Sekdes Pulau Nyiur juga mengucapkan terima kasih kepada Desa Pembina Padang Panjang yang sudah membantu proses dari awal pembinaan Program Kampung Iklim sehingga sampai mendapat verifikasi Utama tahun 2024 ini.

Sehubungan dengan pelaksanaan proses verifikasi proKlim Utama tersebut di desa Pulau Nyiur diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan diri terkait lingkungan khususnya Desa Pulau Nyiur yang sebagian besar merupakan wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan.(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar