Disnakertrans Banjar Bekali Warga Transmigrasi Abumbun Jaya Pelatihan Tata Boga

MARTAPURA, InfoPublik - Kemajuan kegiatan ekonomi di kawasan transmigrasi pada umumnya terdapat hambatan. Faktor yang menjadi penghambat antara lain masalah Sumber Daya Manusia yang belum memiliki keterampilan dalam memanfaatkan Sumber Daya Alam yang tersedia, kondisi lahan yang kurang subur dan keterampilan yang mereka miliki terbatas.

Hal tersebut diungkapkan Plt Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar Eni Hairany menggelar Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia di lokasi Transmigrasi yaitu Pelatihan Jurusan Tata Boga, di Desa Abumbun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk, Selasa (11/6/2024).

"Melalui kegiatan ini menjadi trobosan untuk memberikan manfaat bagi warga transmigrasi sehingga meningkatkan kapasitas sumber daya manusia khusunya di desa Abumbun Jaya," ujar Eni.

Menurut Eni, Pelatihan Jurusan Tata Boga dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan warga transmigrasi, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, membuka peluang kerja dan usaha mandiri, mengurangi tingkat pengangguran serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang ini memulai usaha kecil.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 16 orang bekerjasama dengan LPK Dahlia sebagai instruktur dari pelatihan ini. Kegiatan ini dilangsungkan selama 3 hari.

Hadir juga Camat Sungai Tabuk yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Masyarakat, Kepala Desa dan Sekretaris Desa Abumbun Jaya. 


Komentar