BPBD Banjar Berkolaborasi Tanam 250 Bibit Ketapang Kencana di Bukit Batu

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam upaya pencegahan bencana dan pelestarian lingkungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar bekerja sama dengan UPTD Tahura Sultan Adam menanam 250 bibit pohon Ketapang Kencana di Bukit Batu, Dusun Sungai Luar, desa tiwingan baru, Kecamatan Aranio, Jumat (7/6/2024).

Penanaman pohon dipimpin langsung Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Warsita bersama Kasi Perlindungan UPTD Tahura Sultan Adam, Marvison.

Dalam hal ini Warsita menegaskan pemerintah Kabupaten Banjar  berkomitmen dalam mendukung program penghijauan sebagai pelestarian dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Kami berencana untuk terus menambah jumlah bibit yang ditanam setiap tahunnya guna memastikan kawasan ini tetap hijau dan lestari," kata Warsita.

Warsita berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem lokal dan membantu mengurangi efek perubahan iklim. 

Sementara itu, Kasi Perlindungan UPTD Tahura Sultan Adam Marvison mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam penanaman pohon ini. 



"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini, khususnya BPBD Kabupaten Banjar dan Destana Munggu Raya. Penanaman bibit Ketapang Kencana ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kelestarian kawasan hutan Tahura Sultan Adam," ujar Marvison.

Ditambahkan Marvison program penanaman ini juga melibatkan partisipasi aktif dari Brigdalhut.  Pemilihan lokasi di Bukit Batu bukan tanpa alasan kawasan ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi area hijau yang produktif. 

"Kami berharap dengan adanya penanaman ini, Bukit Batu bisa menjadi contoh sukses penghijauan yang dapat diikuti oleh daerah lain," katanya.

Pada kegiatan ini juga diikuti pegawai UPTD, anggota BPBD, serta Destana Munggu Raya, salah satu peserta menyampaikan "ini adalah langkah kecil, tetapi sangat berarti bagi masa depan lingkungan kita," tutupnya. 


Komentar